PENGEMBANGAN KOMIKUS (KOMIK SAKU AKUNTANSI) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI PADA MATERI POKOK PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI UNTUK SISWA KELAS X AK 3 DI SMK NEGERI 1 TEMPEL TAHUN AJARAN 2014/2015

WULANDARI, PUTRI SEPTIANI (2015) PENGEMBANGAN KOMIKUS (KOMIK SAKU AKUNTANSI) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI PADA MATERI POKOK PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI UNTUK SISWA KELAS X AK 3 DI SMK NEGERI 1 TEMPEL TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan KOMIKUS (Komik Saku Akuntansi) sebagai media pembelajaran Akuntansi pada Materi Pokok Persamaan Dasar Akuntansi Untuk Siswa Kelas X Ak 3 di SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2014/2015 dan mengetahui respon siswa mengenai media pembelajaran berbentuk KOMIKUS (Komik Saku Akuntansi). Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Prosedur dalam pengembangan KOMIKUS (Komik Saku Akuntansi) dalam penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan yaitu: (1) tahap perencanaan, (2) tahap desain produk, (3) tahap pengembangan produk, (4) tahap validasi produk, (5) tahap revisi, (6) tahap uji coba produk, dan (7) tahap analisis & revisi produk. Pada tahap validasi, KOMIKUS (Komik Saku Akuntansi) divalidasi oleh 1 dosen sebagai ahli materi, 2 orang sebagai ahli media yaitu 1 dosen dan 1 programmer PUSKOM, serta guru praktisi akuntansi di SMK Negeri 1 Tempel. KOMIKUS (Komik Saku Akuntansi) diujicobakan pada siswa kelas X Akuntansi 3 di SMK Negeri 1 Tempel dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui angket, pre-test dan post-test. Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif, sedangkan analisis data hasil angket penilaian respon siswa menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kelayakan KOMIKUS (Komik Saku Akuntansi) sebagai media pembelajaran Akuntansi berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh skor rata-rata 4,3 yang termasuk ke dalam kategori sangat layak (A), ahli media diperoleh skor rata-rata 4,615 yang termasuk ke dalam kategori sangat layak (A), guru akuntansi diperoleh skor rata-rata 4,85 yang termasuk kategori sangat baik (A), dan penilaian respon siswa diperoleh skor ratarata sebesar 0,93 yang termasuk dalam rentang nilai X > 0,8 dengan kategori A (sangat layak). Dengan demikian, KOMIKUS (Komik Saku Saku Akuntansi) ini layak digunakan sebagai media pembelajaran akuntansi. Kata kunci : KOMIKUS (Komik Saku Akuntansi), Komik, Persamaan Dasar Akuntansi, SMK.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 26 Jun 2015 01:17
Last Modified: 30 Jan 2019 00:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21514

Actions (login required)

View Item View Item