Pengembangan Thinking Actively in Social Contexts untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Mencipta Siswa SMA N 1 Sanden pada Materi Ekosistem

Susanto, Rovi (2015) Pengembangan Thinking Actively in Social Contexts untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Mencipta Siswa SMA N 1 Sanden pada Materi Ekosistem. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rovi-susanto-13708251055.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan model pembelajaran Thinking Actively in Social Contexts (TASC) yang layak untuk meningkatkan kemampuan berpikir mencipta siswa serta buku panduan yang layak berdasarkan aspek materi/isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafisan; (2) mengetahui pencapaian kemampuan berpikir mencipta siswa pada materi ekosistem; dan (3) mengetahui keefektifan model TASC untuk meningkatkan kemampuan berpikir mencipta pada materi ekosistem. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model 4D: define, design, develop, disseminate. Tahap define meliputi analisis kurikulum, karakteristik siswa, kegiatan siswa, materi dan tujuan pembelajaran. Tahap design meliputi pemilihan media, perancangan format buku panduan, serta pembuatan prototipe produk awal. Tahap develop meliputi pengembangan prototipe buku panduan dengan penilaian oleh ahli dan uji pengembangan (uji coba terbatas dan uji coba diperluas). Siswa diminta menilai tentang keterbacaan LKS. Subjek pada saat uji terbatas adalah sembilan orang siswa SMA N 1 Sanden. Subjek uji coba diperluas adalah 56 orang siswa dan satu orang guru SMA N 1 Sanden. Tahap disseminate merupakan upaya penyebaran panduan yang telah direvisi kepada beberapa pihak terkait. Instrumen yang digunakan meliputi: lembar penilaian ahli untuk buku panduan, RPP, tes kemampuan berpikir; lembar uji keterbacaan; lembar observasi keterlaksanaan TASC; angket kepraktisan model pembelajaran oleh guru dan siswa; dan soal esai. Data hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif berdasarkan kriteria kevalidan, kepraktisan, serta keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kelayakan model pembelajaran TASC yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir mencipta siswa dinyatakan sangat baik berdasarkan penilaian dari validator dan praktisi dilihat dari aspek materi/isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafisan; (2) pencapaian kemampuan berpikir mencipta siswa kelas X di SMA N 1 Sanden dinyatakan tinggi berdasarkan hasil dari postes setelah kegiatan pembelajaran dengan model TASC; (3) keefektifan model TASC untuk meningkatkan kemampuan berpikir mencipta siswa dinyatakan efektif berdasarkan peningkatan kemampuan berpikir mencipta yang ditunjukkan oleh uji gain score dan uji t yang menyatakan terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran TASC. TASC memberikan peluang kepada siswa untuk belajar berdasarkan konteks sosial permasalahan pertanian di Sanden, sehingga siswa terlatih menyelesaikan permasalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir menciptanya. Saran pengembangan produk adalah pengembangan dilakukan untuk materi biologi yang lebih banyak lagi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran TASC, mencipta, ekosistem
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Jun 2015 01:08
Last Modified: 09 May 2019 02:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21512

Actions (login required)

View Item View Item