INOVASI PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA

Yuli, Suarningsih (2014) INOVASI PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

Full text not available from this repository.

Abstract

Guru sosiologi yang telah mendapatkan sertifikat pendidik adalah guru yang telah lulus uji kompetensi guru. Dengan kompetensi yang dimiliki guru mampu merancang inovasi pembelajaran sosiologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan sertifikasi guru sosiologi di SMA Negeri 3 Yogyakarta; 2) Inovasi metode pembelajaran sosiologi di SMA Negeri 3 Yogyakarta; 3) Inovasi media pembelajaran sosiologi di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian guru sosiologi dan siswa SMA Negeri 3 Yogyakarta yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Data hasil penelitian diperoleh melalui observasi pada saat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) sosiologi, wawancara dengan guru sosiologi dan siswa sebagai subjek belajar serta diperkuat dengan hasil dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Triangulasi teknik yaitu melakukan cross check data melalui teknik pengumpulan data yang berbeda- beda, sedangkan triangulasi sumber yaitu melakukan cross check data dari dari guru dan siswa. Selanjutnya, teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya yang dilakukan oleh guru sosiologi di SMA Negeri 3 Yogyakarta untuk mendapatkan sertifikat pendidik adalah melalui pengajuan portofolio. Tetapi, berdasarkan hasil data yang diperoleh menunjukan bahwa tidak semua guru sosiologi yang telah mendapatkan sertifikat pendidik mampu merancang inovasi pembelajaran sosiologi. Hal ini dikarenakan adanya motivasi yang rendah, hambatan pada kemampuan dan ide-ide yang dimiliki oleh guru. Adapun beberapa rancangan inovasi metode pembelajaran sosiologi yang ada di SMA Negeri 3 Yogyakarta adalah 1) Metode snowball throwing; 2) Metode ceramah (lectures) dan bertanya (questions); dan 3) Metode diskusi. Selanjutnya, rancangan inovasi media pembelajaran sosiologi yang ada di SMA Negeri 3 Yogyakarta adalah 1) Lembar Kegiatan Siswa (LKS); 2) Blog; 3) Powerpoint; dan 4) Film. Kemampuan guru sosiologi di SMA Negeri 3 Yogyakarta dalam merancang inovasi pembelajaran sosiologi masih pada tahap mengadopsi, mengadaptasi kemudian memberikan pembaharuan sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik siswa, sedangkan inovasi pembelajaran sosiologi yang sifatnya benar-benar baru belum mampu diwujudkan oleh guru. Kata kunci: Sertifikasi Guru, Inovasi Metode, Inovasi Media

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 26 Jun 2015 01:12
Last Modified: 30 Jan 2019 00:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21504

Actions (login required)

View Item View Item