PERKEMBANGAN WISATA ALAM AIR TERJUN CIPENDOK DAN DAMPAK TERHADAP MASYARAKAT DALAM PENINGKATAN KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI ( STUDI DI DESA KARANGTENGAH KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS )

Witriyaningsih (2014) PERKEMBANGAN WISATA ALAM AIR TERJUN CIPENDOK DAN DAMPAK TERHADAP MASYARAKAT DALAM PENINGKATAN KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI ( STUDI DI DESA KARANGTENGAH KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS ). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

Full text not available from this repository.

Abstract

Objek wisata alam air terjun Cipendok berada di desa Karang Tengah,kecamatan Cilongok, kabupaten Banyumas. Perkembangan objek wisata alam Cipendok berpengaruh terhadap kehidupan ekonomi maupun sosial warga masyarakat yang tinggal di sekitarnya. Selain itu terdapat partisipasi dari warga masyarakat sekitar dalam meningkatkan pembangunan objek wisata alam air terjun Cipendok. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui partisipasi masyarakat terhadap perkembangan pariwisata air terjun Cipendok di desa Karang Tengah kecamatan Cilongok kabupaten Banyumas, 2) mengetahui dampak perkembangan pariwisata air terjun Cipendok terhadap kondisi ekonomi dan sosial pada masyarakat desa Karang Tengah kecamatan Cilongok kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan teknik kualitatif deskriptif. Dan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, pengambilan sampling ini disesuaikan dengan tujuan peneliti dikategorikan menjadi 3 jenis informan yaitu warga masyarakat, tokoh masyarakat, dan pengelola objek wisata. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi non partisipasi dan wawancara. Validitas data menggunakan teknik triangulasi yaitu menggunakan triangulasi sumber. Analisis data menurut Miles dan Huberman yang dilakukan dengan beberapa tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data kemudian dilakukan penarikan kesimpulan hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian latar belakang perkembangan pembangunan objek wisata air terjun Cipendok yang utama adalah berdasarkan ketiga tujuan konservasi hutan, bisnisman ecoturourism, dan edukasi budaya. Partisipasi masyarakat yaitu kerjasama warga dengan suka rela mengikuti Grebeg Sura dan kerja bakti di objek wisata alam Cipendok, dan peran warga membantu pendapatan objek wisata alam Cipendok dengan bayar sewa tempat dagang, dan parkir. Kemudian dampak ekonomi terbukanya lapangan pekerjaan, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dampak sosial pelestarian kebudayaan, kerjasama, dan menambahan wawasan serta pengetahuan, timbulnya konflik atau permasalahan, fenomena Pekerja Seks Komersial, kerusakan fasilitas, dan keributan. Kata kunci: partisipasi masyarakat, dampak sosial dan ekonomi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 26 Jun 2015 01:12
Last Modified: 30 Jan 2019 00:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21502

Actions (login required)

View Item View Item