KEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 WONOSARI

Irsadina, Ima Mita (2013) KEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 WONOSARI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ima Mita Irsadina 09203241003.pdf

Download (34MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan yang signifikan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Wonosari antara yang diajar menggunakan teknik Make a Match dan yang diajar menggunakan teknik konvensional, (2) keefektifan penggunaan teknik Make a Match pada pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Desain penelitian ini adalah Pre-test, Post-test Control Group Design. Penelitian ini terdiri dari 2 variabel yaitu penggunaan teknik Make a Match sebagai variabel bebas dan keterampilan membaca bahasa Jerman sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri Wonosari dengan jumlah 205 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh kelas X B (26 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas X D (27 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Data diperoleh dari skor pre-test dan post-test keterampilan membaca bahasa Jerman. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil uji validitas menunjukan bahwa sebanyak 40 soal valid dan 10 soal dinyatakan gugur. Reliabilitas dihitung dengan rumus K-R 20, dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,948. Data dianalisisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan t hitung (sebesar 3,421) lebih besar dari pada t tabel (sebesar 2,009), pada taraf signifikansi α = 0,5. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil posttest kedua kelompok menunjukkan bahwa rerata kelompok eksperimen sebesar 29,2308 sedangkan kelompok kontrol sebesar 26,7778 dan bobot keefektifan 9,6%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik Make a Match lebih efektif dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: teknik make a match, membaca
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 25 Jun 2015 03:39
Last Modified: 30 Jan 2019 00:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21495

Actions (login required)

View Item View Item