KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 BOYOLALI

Fazrin, Henning Isnainia (2013) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 BOYOLALI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Hening Isnainia Fazrin 09203241038.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan yang signifikan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Boyolali antara yang diajar dengan metode cooperative learning tipe Numbered Heads Together (NHT) dan yang diajar dengan metode konvensional, (2) keefektifan penggunaan metode cooperative learning tipe Numbered Heads Together dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Boyolali. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Variabel penelitian ini terdiri atas dua variabel, yaitu variabel bebas (X) yang berupa penggunaan metode cooperative learning tipe Numbered Heads Together dan variabel terikat (Y) yaitu keterampilan membaca bahasa Jerman. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Boyolali. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Boyolali yang berjumlah 312 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling, diperoleh dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 yang berjumlah 29 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 yang berjumlah 29 peserta didik sebagai kelas kontrol, sehingga jumlah keseluruhan sampel sebanyak 58 peserta didik. Pengambilan data melalui pre-test dan posttest. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung 4,264 lebih besar dari ttabel 2,000 dengan taraf signifikansi (α) = 0,05 dan df sebesar 56. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata akhir peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 23,069 lebih besar dari pada kelas kontrol yaitu 21,103. Hal ini berarti bahwa penggunaan metode cooperative learning tipe Numbered Heads Together dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Boyolali lebih efektif dari pada metode konvensional dengan bobot keefektifan sebesar 10,4%. Implikasi dari penelitian ini adalah penggunaan metode cooperative learning tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat diterapkan dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman di SMA.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: coopperative learning, NHT, membaca
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 25 Jun 2015 03:35
Last Modified: 30 Jan 2019 00:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21493

Actions (login required)

View Item View Item