INTERFERENSI GRAMATIKAL BAHASA INDONESIA DALAM BAHASA JAWA PADA KARANGAN NARASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI I MUNGKID DI KECAMATAN MUNGKID KABUPATEN MAGELANG

Rokhimawati, Erfinta U’ti (2013) INTERFERENSI GRAMATIKAL BAHASA INDONESIA DALAM BAHASA JAWA PADA KARANGAN NARASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI I MUNGKID DI KECAMATAN MUNGKID KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Erfinta U'ti Rokhimawati 07205244196.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bentuk interferensi gramatikal bahasa Indonesia dalam bahasa Jawa pada karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri I Mungkid, (2) mendeskripsikan faktor penyebab terjadinya interferensi gramatikal bahasa Indonesia dalam bahasa Jawa pada karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri I Mungkid. Dua pertanyaan penelitian diajukan yang berhubungan dengan kedua penelitian tersebut. Subjek penelitian ini siswa kelas VII A dan VII E SMP Negeri I Mungkid Kabupaten Magelang semester I tahun ajaran 2012/2013. Objek penelitian ini adalah mempelajari interferensi gramatikal bahasa Indonesia dalam bahasa Jawa pada karangan bahasa Jawa siswa kelas VII A dan VII E SMP Negeri I Mungkid Kabupaten Magelang semester I tahun ajaran 2012/2013, yang difokuskan pada kata turunan, frase, klausa dan kalimat pada karangan narasi yang mengalami kesalahan atau penyimpangan proses morfologi dan sintaksis. Setting penelitian mengambil tempat di SMP Negeri I Mungkid Kabupaten Magelang semester I tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif, yang dilakukan pengumpulan data menggunakan tes membuat karangan bahasa Jawa dan wawancara untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya interferensi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif bentuk-bentuk interferensi gramatikal yang berupa kata atau kalimat bahasa Indonesia dalam bahasa Jawa pada karangan siswa dan mengorganisasikan data wawancara ke dalam suatu pola, kategori dan satuan uraian dasar sehingga ditemukan tema sesuai tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Interferensi gramatikal bahasa Indonesia dalam bahasa Jawa terdapat tiga tipe, yaitu: (a) interferensi afiksasi, (b) interferensi reduplikasi, dan (c) interferensi sintaksis, (2) faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya interferensi gramatikal bahasa Indonesia dalam bahasa Jawa yaitu: (a) kedwibahasaan siswa dalam komunikasi sehari-hari baik dengan keluarga, guru dan teman sekolah, (b) terbatasnya kosakata siswa dalam menggunakan bahasa Jawa, dan (c) menghilangnya kata-kata yang jarang digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Interferensi gramatikal bahasa Indonesia dalam bahasa Jawa, karangan narasi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 25 Jun 2015 03:31
Last Modified: 30 Jan 2019 00:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21491

Actions (login required)

View Item View Item