KEEFEKTIFAN METODE COOPERATIVE LEARNING TEKNIK COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP PEMAHAMAN BACAAN BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 IMOGIRI, BANTUL

Purbandari, Desy (2013) KEEFEKTIFAN METODE COOPERATIVE LEARNING TEKNIK COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP PEMAHAMAN BACAAN BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 IMOGIRI, BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Desy Purbandari 09203241036.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Imogiri Bantul antara yang diajar menggunakan metode cooperative learning teknik CIRC dan yang diajar dengan menggunakan metode konvensional, (2) keefektifan penggunaan metode cooperative learning teknik CIRC dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Imogiri Bantul. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Desain penelitian ini adalah pre-test-post-test control group design. Penelitian ini memiliki 2 variabel yaitu metode cooperative learning teknik CIRC sebagai variabel bebas, dan keterampilan membaca bahasa Jerman sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas kelas XI SMA Negeri 1 Imogiri sebanyak 185 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Data diperoleh melalui tes keterampilan membaca bahasa Jerman pada pre-test dan post-test. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa sebanyak 38 soal valid dan 7 soal dinyatakan gugur. Reliabilitas dihitung dengan rumus K-R 20 dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,938. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil analisis data menggunakan uji-t menghasilkan thitung 2,793 lebih besar dari ttabel 2,010 dengan taraf signifikansi α = 5%. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Bobot keefektifannya adalah 10,13%. Nilai rata-rata akhir kelas eksperimen sebesar 87,75 lebih besar dari kelas kontrol yaitu 80,81. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode cooperative learning teknik CIRC efektif dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman kelas XI SMA Negeri 1 Imogiri Bantul.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: cooperative learning, CIRC, pemahaman bacaan
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 25 Jun 2015 03:24
Last Modified: 30 Jan 2019 00:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21485

Actions (login required)

View Item View Item