KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN DI SMA NEGERI 1 KAJEN PEKALONGAN

Silistiani, Artika (2013) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN DI SMA NEGERI 1 KAJEN PEKALONGAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artika Sulistiani 08203244035.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Kajen Pekalongan antara yang diajar dengan metode cooperative learning tipe CIRC dan yang diajar dengan metode konvensional, dan (2) keefektifan penggunaan metode cooperative learning tipe CIRC pada pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman di SMA Negeri 1 Kajen Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pre– Post-test Control Group. Penelitian ini terdiri atas dua variabel, yaitu variabel bebas (X) berupa metode cooperative learning tipe CIRC dan variabel terikat (Y) berupa keterampilan membaca bahasa Jerman. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kajen Pekalongan. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Kajen Pekalongan sebanyak 288 orang. Pengambilan sampel dengan cara simpel random sampling. Sampel yang terpilih kelas X.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data berupa tes keterampilan membaca bahasa Jerman, dengan koefisiensi korelasi sebesar 0,65. Analisis data menggunakan teknik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (3,759) lebih tinggi dari (2,00) dengan signifikansi (α) = 0,05 dan Df 60. Hasil post-test kedua kelompok menunjukkan rerata kelas eksperimen sebesar 71,00 lebih tinggi dari rerata kelas kontrol 64,19 dan bobot keefektifan sebasar 11,47%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa (1) ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Kajen Pekalongan antara peserta didik yang diajar dengan metode cooperative learning tipe CIRC dan yang diajar dengan metode konvensional, (2) Penggunaan metode cooperative learning tipe CIRC pada pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Kajen Pekalongan lebih efektif daripada penggunaan metode pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: CIRC, membaca
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 25 Jun 2015 03:19
Last Modified: 30 Jan 2019 00:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21483

Actions (login required)

View Item View Item