PERBANDINGAN STRUKTURAL KURZGESCHICHTE DER JÄGER GRACCHUS KARYA FRANZ KAFKA DENGAN CERITA PENDEK “KERONCONG PEMBUNUHAN” KARYA SENO GUMIRA AJIDARMA

Tsamaroh, Silvi Ushliha (2013) PERBANDINGAN STRUKTURAL KURZGESCHICHTE DER JÄGER GRACCHUS KARYA FRANZ KAFKA DENGAN CERITA PENDEK “KERONCONG PEMBUNUHAN” KARYA SENO GUMIRA AJIDARMA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Silvi Ushliha Tsamaroh 09203244032.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan struktural Kurzgeschichte Der Jäger Gracchus dengan cerita pendek “Keroncong Pembunuhan”. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan objektif dan menggunakan metode sastra banding. Data penelitian adalah data deskriptif. Sumber penelitian ini adalah dua buah cerita pendek dengan bahasa yang berbeda, yakni Kurzgeschichte berbahasa Jerman berjudul Der jäger Gracchus dan cerita pendek berbahasa Indonesia berjudul “Keroncong Pembunuhan” keduanya diambil dari sebuah kumpulan cerita pendek. Data diperoleh dengan teknik baca catat. Instrumen dalam penelitian adalah peneliti sendiri (Human Instrument). Data dianalisis dengan teknik deskriptif quantitatif. Keabsahan data diperoleh dengan validitas semantik. Reabilitas yang digunakan adalah reabilitas intrarater dan interrater. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Cerita Pendek ini memiliki persamaan dan perbedaan dalam alur. Persamaannya yaitu, alur waktu, jumlah, kepadatan dan akhir cerita, sedangkan perbedaannya adalah pada isi alur dan penyelesaian masalah. (2) Perbandingan tokoh dalam kedua cerita pendek ini terdapat persamaan dan perbedaan. Persamaanya adalah karakter tokoh utama arogan, mengikuti kata hati dan pencuriga, sedangkan perbedaannya karakter tokoh utama adalah sifat tidak sabar dan takabur. (3) sudut pandang dalam Kurzgeschichte Der Jäger Gracchus menggunakan orang ketiga maha tahu dan cerita pendek “Keroncong Pembunuhan” menggunakan orang pertama. (4) latar tempat dalam Kurzgeschichte Der Jäger Gracchus yaitu, pelabuhan, kota Riva, Penginapan Gracchus, Hutan Hitam, Kamar, latar waktu ialah siang hari. Cerita pendek “Keroncong Pembunuhan memiliki latar di sebuah pesta, sekitar kolam renang, Teras Hotel lantai 7, dan belakang orkes. Latar waktu ialah malam hari. (5) kedua cerita pendek ini menggangkat tema tentang pembunuhan seorang politikus pembela rakyat. Ia dibunuh oleh pemerintah yang berkuasa saat itu.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: perbandingan struktural, kurzgeschichte der jager gracchus, cerita pendek, keroncong pembunuhan
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 25 Jun 2015 03:04
Last Modified: 30 Jan 2019 00:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21476

Actions (login required)

View Item View Item