PENGARUH PEMANFAATAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IV SEKOLAH DASAR

Eka Jizantara, Anggun (2013) PENGARUH PEMANFAATAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
ANGGUN EKA JIZANTARA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pada pemanfaatan multimedia interaktif terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimental dan menggunakan metode eksperimen semu sedangkan desain penelitian ini menggunakan Matching Pretest-Postest Control Group Design. Prosedur penelitiannya yaitu Pre experiment measurement (sebelum perlakuan), treatment (perlakuan), selanjutnya Post experiment measurement (setelah perlakuan). Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket. Subyek pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Samirono dengan jumlah siswa 34 orang yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas IV-A sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 17 orang dan kelas IV-B sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 17 orang. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dalam pemanfaatan multimedia interaktif terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IV Sekolah Dasar. Hal ini telah dibuktikan pada hasil uji-t, dimana thitung=2,414 > ttabel=2,039, dan nilai Sig. (2- tailed) = 0,022 < taraf signifikan 0,05. Penelitian ini juga membuktikan bahwa siswa yang menggunakan multimedia interaktif (kelompok eksperimen) memiliki nilai rata-rata motivasi yang lebih tinggi dari pada siswa yang belajar dengan menggunakan metode ceramah dan buku teks (kelompok kontrol).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 26 Jun 2015 01:11
Last Modified: 30 Jan 2019 00:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21475

Actions (login required)

View Item View Item