PENGARUH MULTIMEDIA “ENERGI DAN PERUBAHANNYA” TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 03 PAGI CIRACAS JAKARTA TIMUR

Al-furqon, Anggit (2014) PENGARUH MULTIMEDIA “ENERGI DAN PERUBAHANNYA” TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 03 PAGI CIRACAS JAKARTA TIMUR. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
AnggitAl-furqon_09105244035.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia dalam pembelajaranterhadap hasil belajar siswa pada kelas IV-B mata pelajaran IPA dengan materi Energi dan Perubahannya SD Negeri 03 Pagi Ciracas Jakarta timur tahun ajaran 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa/i kelas IV-B Sekolah Dasar Negeri 03 Pagi Ciracas Jakarta Timur, yang beralamatkan di Jalan Raya Centex RT 003 RW 03 Ciracas, Telp. (021) 8718745 Jakarta Timur. Objek dalam penelitian ini adalah multimedia pembelajaran IPA sub-konsep energi dan perubahannya untuk kelas IV sekolah dasar. Waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 31 maret sampai 11 April 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre Ex-perimental Design (non-design) dengan desain penelitian One Group Pretest-Postest. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalahlembar observasi dan instrumen tes. Instrumen tes divalidasi di Sekolah Dasar Negeri 2 Glagah Ombo, Tempel, Sleman berdasarkan pada tingkatan kelas yang sama dan kurikulum yang digunakan yaitu kurikulum tingkat satuan pendidikan.Prosedur pelaksanaan eksperimen yakni tahap pra eksperimen, tahap eksperimen dan tahap pasca eksperimen. Analisis data hasil penelitian dengan menggunakan analisis statistik deskriptif berbantuanSPSS for Windows Ver. 16.0.0. Hasil penelitian menunjukan rata-rata nilai pretest siswa sebelum diberi treatment sebesar 19,34 termasuk kategori baik. Setelah diberikan treatment, hasil belajar yang didapat mencapai 23,31 dan masuk ke dalam kategori sangat baik. Terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar siswa sebesar (3,97). Sedangkan untuk persentase ketuntasan hasil belajar sebelum diberi treatment sebesar 11,42%, menjadi 82,85% sebagai hasil belajar setelah diberikan treatment. Penggunaan multimedia memberikan peningkatan ketuntasan klasikal siswa, hal tersebut terlihat dari meningkatnya persentase ketuntasan siswa sebesar 71,43%. Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa multimedia mampu memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV-B sekolah dasar negeri 03 pagi Ciracas, Jakarta Timur terlihat dari meningkatnya nilai rata-rata tes siswa dan meningkatnya persentase ketuntasan klasikal siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 26 Jun 2015 01:11
Last Modified: 30 Jan 2019 00:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21473

Actions (login required)

View Item View Item