KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA TEXT TO SPEECH DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMANDI SMA NEGERI 1 PAKEM SLEMAN

Nugroho, Satria Agung (2013) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA TEXT TO SPEECH DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMANDI SMA NEGERI 1 PAKEM SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Satria Agung Nugroho 09203241030.pdf

Download (55MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan yang signifikan prestasi belajar keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas X1 SMA Negeri 1 Pakem antara yang diajar dengan menggunakan media text to speech dan yang diajar dengan menggunakan media konvensional, dan (2) keefektifan penggunaan media text to speech pada pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas X1 SMA Negeri 1 Pakem Sleman. Penelitian ini adalah penelitian quasi eskperiment. Desain penelitian ini adalah pretest post-test control group design Terdapat dua variabel penelitian, yaitu media text to speech sebagai variabel bebas dan keterampilan berbicara bahasa Jerman sebagai variabel terikat. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pakem Sleman yang berjumlah 120 orang. Pengambilan sampel dengan cara random sampling. Kelas XI IPA 2 yang terdiri dari 24 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 yang terdiri dari 25 peserta didik sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari tes berbicara bahasa Jerman peserta didik pada pre-test dan post-test. Uji validitas menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil penelitian menujukkan bahwa thitung lebih besar daripada ttabel (thitung 2,216 > ttabel 2,021), dengan taraf signifikansi sebesar 0,032 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 0,05. Dengan nilai rata-rata pos-test kelompok eksperimen sebesar 11,3750 sedangkan nilai rata-rata pos-test kelompok kontrol sebesar 10,4600. Bobot keefektifan sebesar 9,14%. Dengan demikian dapat disimpulkan (1). Terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar keterampilan berbicara bahasa Jerman, antara kelas eksperimen dan kontrol (2). Penggunaan media text to speech balabolka dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman di SMA Negeri 1 Pakem lebih efektif dibandingkan dengan penggunaan media konvensional. Implikasi dari penelitian ini adalah media text to speech dapat digunakan dalam pembelajaran keterampilan berbicara karena media ini lebih efektif dari pada media konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: text to speech, berbicara
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 25 Jun 2015 03:00
Last Modified: 25 Jun 2015 03:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21472

Actions (login required)

View Item View Item