KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN LAGU TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA

Wulansari, Ria (2013) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN LAGU TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ria Wulansari 09203241001.pdf

Download (35MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan peningkatan penguasaan kosa kata bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA N 5 Yogyakarta antara yang diajar dengan lagu dan yang diajar dengan media konvensional, (2) keefektifan penggunaan lagu dalam meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Yogyakarta dibandingkan media konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi ekperiment. Desain penelitian ini adalah pre-test dan pos-test control group design. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini, yaitu penggunaan lagu sebagai variabel bebas, penguasaan kosa kata peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Yogyakarta sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Yogyakarta sebanyak 228 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh kelas XI IPA 3 (35 Peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 (23 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Data diperoleh melalui pre- dan pos-test skor penguasaan kosakata bahasa Jerman. Uji validitas menggunakan validitas isi dan validitas konstruk dan validitas butir soal. Dari perhitungan didapat nilai r hitung 0, 571 > r tabel 0, 361. Dengan Demikian instrumen tersebut dinyatakan valid. Koefisien reliabilitas sebesar 0,922. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil analisis data menunjukkan t hitung sebesar 2,911 lebih besar dari pada t tabel sebesar 2,000, pada taraf signifikansi 0,05 dan df sebesar 56. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa (1) ada perbedaan pada peningkatan penguasaan kosa kata bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA N 5 Yogyakarta antara yang diajar dengan lagu dan yang diajar dengan media konvensional, (2) penggunaan lagu dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Yogyakarta lebih efektif dibandingkan penggunaan media konvensional. Hasil post-test kedua kelompok menunjukkan rerata kelas eksperimen sebesar 85,62 lebih besar dari rerata kelas kontrol sebesar 78,81 dan bobot keefektifan sebesar 9,3%. Implikasi penelitian ini adalah guru dapat menerapkan lagu dalam pembelajaran bahasa Jerman untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jerman, karena terbukti penggunaan lagu lebih efektif dibandingkan dengan penggunaan media konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: penggunaan lagu, kosakata
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 25 Jun 2015 02:47
Last Modified: 30 Jan 2019 00:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21465

Actions (login required)

View Item View Item