KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA GAME BEFORE YOU KNOW IT PADA PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JERMAN DI SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN BANTUL

Pujiati (2013) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA GAME BEFORE YOU KNOW IT PADA PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JERMAN DI SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pujiati 09203241025.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar kosakata bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Banguntapan Bantul antara peserta didik yang diajar dengan game before you know it dan peserta didik yang diajar dengan media konvesional, dan (2) penggunaan media game before you know it pada pembelajaran kosakata bahasa Jerman di kelas X SMA Negeri 2 Banguntapan Bantul lebih efektif daripada penggunaan media konvesional. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Desain penelitian ini adalah pre-post test control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Banguntapan Bantul sebanyak 207 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X3 sebagai kelas kontrol. Uji Validitas instrumen dihitung dengan uji product moment. Dari 50 butir soal gugur sebanyak 13 butir soal, soal yang valid 37 butir soal. Perhitungan koefisien korelasi dengna KR-20 diperoleh rxy Hasil penelitian menunjukkan t =0,964. Data diperoleh melalui tes kosakata bahasa Jerman. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. hitung 4,832 lebih besar dari ttabel 2,00 pada taraf signifikansi α = 0.05, dengan df sebesar 58. Dengan demikian bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar kosakata bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Banguntapan Bantul antara peserta didik yang diajar dengan media game before you know it dan peserta didik yang diajar dengan media konvesional. Bobot keefektifannya adalah 10,98%. Nilai mean akhir kelas eksperimen sebesar 29,47 lebih besar dari kelas kontrol yaitu 26,67. Hal ini berarti bahwa penggunaan media game before you know it pada pembelajaran kosakata bahasa Jerman di kelas X SMA Negeri 2 Banguntapan Bantul lebih efektif daripada penggunaan media konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: game, before you know it, kosakata
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 25 Jun 2015 02:44
Last Modified: 30 Jan 2019 00:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21462

Actions (login required)

View Item View Item