MEDIA TEKA – TEKI SILANG BERGAMBAR DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JERMAN

Nurfitriana (2013) MEDIA TEKA – TEKI SILANG BERGAMBAR DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JERMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nurfitriana 07203244028.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penggunaan media Teka- Teki Silang Bergambar dalam pembelajaran kosakata bahasa Jerman, (2) kelebihan dan kelemahan mediaTeka- Teki Silang Bergambar dalam pembelajaran kosakata bahasa Jerman dan bagaimana cara mengatasinya. Langkah-langkah dalam penggunaan media Teka- Teki Silang Bergambar ini adalah sebagai berikut. (1) Pertama adalah pendidik memberikan apersepsi, yaitu dengan cara memberikan pertanyaan. (2) Pendidik memberikan teks surat bahasa Jerman kepada peserta didik, kemudian pendidik menjelaskan kepada peserta didik. (3) Pendidik meminta peserta didik membagi kelas dalam 8 kelompok. (4) Pendidik membagikan soal kepada peserta didik. (5) Pendidik meminta peserta didik untuk mengerjakan soal bersama-sama. (6) Pendidik dan peserta didik bersama membahas hasil pekerjaan dan yang paling baik hasil pekerjaannya adalah pemenangnya. (7) Pendidik dan peserta didik menyimpulkan materi yang telah dibahas bersama. (8) Pendidik menutup pelajaran dengan mengucapkan salam. Media teka- teki silang bergambar memiliki beberapa kelebihan dan kelemahan. Kelebihan media ini adalah sebagai berikut. (1). Peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran kosakata bahasa Jerman. (2) Peserta didik lebih fokus dan berkonsentrasi dalam pembelajaran. (3) Peserta didik dilatih menjadi sabar. (4) Tidak membutuhkan biaya yang cukup besar (5) Mudah digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan LCD. (6) Media Teka-Teki Silang Bergambar dapat membina rasa sosial peserta didik, jika media tersebut digunakan dalam sebuah kelompok. Kelemahan media ini antara lain yaitu: (1), Saat permainan berlangsung menimbulkan suara ramai dan gelak tawa, sehingga dapat mengganggu kelas lain. (2) Tidak semua materi menggunakan pembelajaran kosakata.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: teka-teki silang bergambar, kosakata
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 25 Jun 2015 02:39
Last Modified: 30 Jan 2019 00:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21460

Actions (login required)

View Item View Item