TRANSFORMASI TEKS DRAMA DER GUTE MENSCH VON SEZUAN KARYA BERTOLT BRECHT DALAM TEKS DRAMA TIGA DEWA DAN KUPU-KUPU KARYA NANO RIANTIARNO: KAJIAN INTERTEKSTUAL

Mayasari, Linda (2013) TRANSFORMASI TEKS DRAMA DER GUTE MENSCH VON SEZUAN KARYA BERTOLT BRECHT DALAM TEKS DRAMA TIGA DEWA DAN KUPU-KUPU KARYA NANO RIANTIARNO: KAJIAN INTERTEKSTUAL. S1 thesis, u.

[img]
Preview
Text
Linda Mayasari 06203244018.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk transformasi teks drama Der Gute Mensch von Sezuan karya Bertolt Brecht dalam teks drama Tiga Dewa dan Kupu-Kupu karya Nano Riantiarno dan hubungan intertekstualitas kedua drama tersebut. Penelitian ini adalah penelitian pustaka dengan teknik deskriptif kualitatif dan menggunakan pendekatan intertektual. Data penelitian ini adalah teks drama Der Gute Mensch von Sezuan karya Bertolt Brecht dan teks drama Tiga Dewa dan Kupu-Kupu karya Nano Riantiarno. Data diperoleh dengan cara pembacaan intensif dan pencatatan. Instrumen penelitian ini adalah human instrumen yakni peneliti sendiri. Keabsahan data diperoleh melalui pertimbangan validitas atau kesahihan semantik. Reliabilitas diperoleh melalui intrarater, inerrater dan verivikasi. Analisa data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik kategorisasi dan komparasi. Hasil penelitian adalah: (1) Bentuk transformasi teks drama Der Gute Mensch von Sezuan dalam teks drama Tiga Dewa dan Kupu-Kupu meliputi: (a) Transformasi alur, yakni Der Gute Mensch von Sezuan terdiri dari sepuluh adegan, tujuh Zwischenspiel, menggunakan prolog dan epilog, terdapat 6 Lied (nyanyian), dan pertemuan tokoh Wang dengan para dewa terjadi tujuh kali. Sementara Tiga Dewa dan Kupu-Kupu terdiri dari dua babak, babak pertama adalah adegan satu sampai dengan dua belas, babak kedua adalah tiga belas sampai dengan delapan belas dan diakhiri dengan epilog, memiliki sepuluh nyanyian dan pertemuan dewa dengan Wang terjadi empat kali. (b) Terjadi transformasi penokohan yakni perubahan nama-nama tokoh yang disesuaikan ke dalam nama-nama Indonesia. (c) Transformasi latar tempat Der Gute Mensch von Sezuan adalah kota Sezuan dan Tiga Dewa dan Kupu-Kupu adalah sebuah kota miskin dan Palestina. (d) Transformasi tema, Nano Riantiarno memilih untuk mengekalkan tema mayor dan tema minor teks drama Der Gute Mensch von Sezuan ke dalam teks drama Tiga Dewa dan Kupu-Kupu.(2) Teks drama Der Gute Mensch von Sezuan karya Bertolt Brecht merupakan teks yang menjadi latar penciptaan teks drama Tiga Dewa dan Kupu-Kupu karya Nano Riantiarno. Persamaan yang ditemukan dalam alur, penokohan, latar dan tema kedua drama tersebut menunjukkan adanya hubungan intertekstual. Perbedaan menunjukkan adanya upaya Riantiarno untuk melakukan perubahan, penyesuaian, dan aktualisasi cerita dengan realita hidupnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: transformasi teks drama, kajian kontekstual
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 25 Jun 2015 02:29
Last Modified: 30 Jan 2019 00:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21455

Actions (login required)

View Item View Item