PENERAPAN MEDIA WORTSCHATZLISTE (DAFTAR KOSAKATA) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 PREMBUN KEBUMEN

Budiarto, Kurniawan Prasetyo (2013) PENERAPAN MEDIA WORTSCHATZLISTE (DAFTAR KOSAKATA) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 PREMBUN KEBUMEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Kurniawan Prasetyo Budiarto 0620324401306203244013.pdf

Download (27MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman antara peserta didik yang diajar dengan menggunakan media Wortschatzliste (daftar kosakata) dan peserta didik yang diajar menggunakan media konvensional di SMA N 1 Prembun Kebumen. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Experimental. Variabel penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu variabel bebas (X) yang berupa penggunaan media Wortschatzliste (daftar kosakata) dan variabel terikat (Y) yaitu keterampilan membaca bahasa Jerman. Penelitian ini dilakukan di SMA N 1 Prembun. Desain dalam penelitian ini menggunakan pre-test post-test control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA N 1 Prembun yang berjumah 290 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling, diperoleh dua kelas yaitu kelas X.5 yang berjumlah 31 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas X.4 berjumlah 31 peserta didik sebagai kelas kontrol, sehingga jumlah keseluruhan sampel sebanyak 62 peserta didik. Pengambilan data menggunakan tes membaca bahasa Jerman yang berupa pre-test dan post-test. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung sebesar 4,806 lebih besar dari ttabel 1,671 dengan taraf signifikansi (α) = 0,05 dengan (dk) = 60. Hal ini menunjukan bahwa nilai thitung (th) lebih besar dari nilai ttabel (tt) (4,806 > 1,671), yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil post test kelas eksperimen dan post test kelas kontrol. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman antara peserta didik yang diajar dengan menggunakan media Wortschatzliste (daftar kosakata) dan peserta didik yang diajar menggunakan media konvensional di SMA N 1 Prembun Kebumen dengan bobot keefektifan sebesar 13,5%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: wortschatzliste, membaca
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 25 Jun 2015 02:26
Last Modified: 30 Jan 2019 00:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21454

Actions (login required)

View Item View Item