KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN DI SMA NEGERI 2 WONOSARI GUNUNGKIDUL

Istantri, Khusnul (2013) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN DI SMA NEGERI 2 WONOSARI GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Khusnul Istantri 09203241015.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Wonosari Gunungkidul antara kelas yang diajar dengan menggunakan gambar dan yang diajar dengan menggunakan media konvensional dan (2) Penggunaan gambar dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Wonosari Gunungkidul lebih efektif daripada pembelajaran dengan penggunaan media konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Wonosari Gunungkidul yang berjumlah 192 peserta didik. Pengambilan sampel dengan teknik Random Sampling dan diperoleh kelas X F (32 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan X A (32 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Data diperoleh berdasarkan tes keterampilan menulis bahasa Jerman. Uji validitas menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Perhitungan reabilitas menggunakan Product Moment dengan hasil r=0,836. Analisis data menggunakan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t hitung (sebesar 3,227) lebih besar dari pada ttabel (sebesar 2,000), db 62 pada taraf signifikansi α=0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik antara kelas yang diajar dengan menggunakan media gambar berseri dan yang diajar dengan menggunakan media konvensional. Gain skor antara kelas eksperimen dan kontrol sebesar 2,359 dengan bobot keefektifan 7,7%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan gambar dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman lebih efektif daripada menggunakan media konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: gambar, menulis bahasa jerman
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 25 Jun 2015 02:22
Last Modified: 30 Jan 2019 00:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21453

Actions (login required)

View Item View Item