REALISASI BENTUK PADANAN PREPOSISI BAHASA JERMAN AN, AUF DAN IN KE DALAM BAHASA INDONESIA DALAM BUKU DRACHENREITER KARYA CORNELIA FUNKE

Hayati, Khilda Nahri (2013) REALISASI BENTUK PADANAN PREPOSISI BAHASA JERMAN AN, AUF DAN IN KE DALAM BAHASA INDONESIA DALAM BUKU DRACHENREITER KARYA CORNELIA FUNKE. S1 thesis, u.

[img]
Preview
Text
Khilda Nahri Hayati 08203241016.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) realisasi bentuk padanan preposisi BJ an, auf dan in, (2) makna padanan preposisi BJ an, auf dan in dan (3) faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan preposisi BJ an, auf dan in dalam preposisi BI. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah satuan lingual berupa kalimat, klausa dan frase berpreposisi BJ an, auf dan in dan padanannya dalam BI, yang bersumber dari buku Drachenreiter dan versi bahasa Indonesianya Sang Penunggang Naga. Instrument utama penelitian ini adalah peneliti sendiri (Human Instrument). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak – catat dan untuk menganalisis data digunakan metode Padan Translasional dan Referensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, realisasi padanan bentuk preposisi BJ an, auf dan in dalam kalimat BI berbeda-beda, yaitu (1) bentuk padanan preposisi BJ an dalam kalimat BI dapat berupa preposisi ‘di, pada, ke, lewat, dengan, kepada, dan dari’, verba ‘melewati’, dan ‘zero’, bentuk padanan preposisi BJ auf dalam kalimat BI dapat berupa preposisi ‘menuju, ke, pada, di, dengan, dan dalam’, verba ‘mendekati, menghampiri’, ‘permukaan’ dan ‘zero’, dan bentuk padanan preposisi BJ in dalam kalimat BI dapat berupa preposisi ‘di, ke, dari, dalam, karena, pada, dengan, menuju’, verba ‘menjadi’, nomina ‘isi’ dan ‘zero’; (2) makna padanan preposisi BJ an dalam kalimat BI dapat digunakan untuk menandai hubungan ‘tempat, waktu, perantara/ peserta, arah, cara, penerima/ penderita, bagian dari, sumber’, makna padanan preposisi BJ auf dalam kalimat BI dapat digunakan untuk menandai hubungan ‘arah, tempat, waktu, jumlah ukuran, penderita, tindakan, bagian dari, peserta, cara dan alat’, dan makna padanan preposisi BJ in dalam kalimat BI dapat digunakan untuk menandai hubungan ‘tempat, waktu, arah, sumber/ asal, perubahan, sebab-akibat, cara dan alat, peserta, penderita, bagian dari’; (3) faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan preposisi BJ an, auf dan in dalam preposisi BI, yaitu faktor gramatik dan semantik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: padanan preposisi, an, auf, in
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 25 Jun 2015 02:15
Last Modified: 30 Jan 2019 00:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21450

Actions (login required)

View Item View Item