KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE GRUPPENARBEIT DALAM PROSES PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 SEDAYU BANTUL

Pradnyadari, I Gusti Agung (2013) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE GRUPPENARBEIT DALAM PROSES PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 SEDAYU BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
I Gusti Agung Pradnyadari 09203244005.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA N 1 Sedayu Bantul antara yang diajar menggunakan metode Gruppenarbeit dengan yang diajar menggunakan metode konvensional, (2) keefektifan penggunaan metode Gruppenarbeit dalam proses pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Sedayu Bantul. Penelitian ini adalah quasi experiment dengan pre-test post-test control group. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu metode Gruppenarbeit sebagai variabel bebas dan keterampilan berbicara bahasa Jerman sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Sedayu Bantul sebanyak 270 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan random sampling. Diperoleh dua kelas, yakni kelas Xଷ sebagai kelas eksperimen (32 peserta didik) dan kelas Xଶ sebagai kelas kontrol (31 peserta didik). Jumlah anggota sampel keseluruhannya adalah 63 peserta didik. Pengambilan data menggunakan tes kemampuan berbicara. Validitas instrumen menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Reliabilitas dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Croon Brach. Data dianalisis menggunakan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung 2,267 lebih besar ttabel yaitu 2,000 pada taraf signifikansi α= 0,05 dan db = 61. Nilai rata-rata akhir kelas eksperimen 6,859 lebih besar dari kelas kontrol yaitu 6,29. Bobot keefektifannya adalah 9,4%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Gruppenarbeit lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan metode konvensional. Implikasi dari penelitian ini adalah penggunaan metode Gruppenarbeit dapat diterapkan dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: gruppenarbeit, berbicara bahasa jerman
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 25 Jun 2015 02:11
Last Modified: 30 Jan 2019 00:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21448

Actions (login required)

View Item View Item