KEEEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEDAYU BANTUL

Purwanti, Anis (2013) KEEEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEDAYU BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Anis Purwanti 09203244008.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMAN 1 Sedayu Bantul antara yang diajar dengan menggunakan teknik Think Pair Share dan yang diajar dengan menggunakan teknik konvensioanl, dan (2) keefektifan penggunaan teknik Think Pair Share dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMAN 1 Sedayu Bantul. Penelitian ini adalah penelitian Quasi eksperimen. Variabel penelitian ini terdiri atas variabel bebas (X) berupa pembelajaran menggunakan teknik Think Pair Share dan variabel terikat (Y) berupa kemampuan membaca bahasa Jerman peserta didik. Desain eksperimen menggunakan model Pre-test-Post-test Control Group. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sedayu Bantul dengan populasi adalah seluruh peserta didik kelas XI. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Anggota sampel sebanyak 51 orang, yaitu kelas eksperimen 26 orang dan kelas kontrol 25 orang. Data diambil dengan tes keterampilan membaca. Validitas instrumen terdiri dari atas validitas isi dan konsruk. Validitas dihitung dengan rumus Product Moment Pearson. Hasilnya menunjukkan bahwa r-hitung (rxy = 0,440 – 0,739) lebih tinggi dari nilai rtabel (0,404). Reliabilitas dihitung dengan rumus KR-20. Hasilnya menunjukkan bahwa rhitung (r = 0,935) lebih tinggi dari rtabel. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel (3,668>2,042) pada taraf signifikansi (α = 0,05), hal ini berarti : (1) Ada perbedaan yang signifikan keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik antara yang diajar menggunakan teknik Think Pair Share dengan teknik konvensional, (2) teknik Think Pair Share lebih efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman dengan bobot keefektifan sebesar 9,8 % dan mean difference kelas eksperimen (22,077) lebih tinggi mean difference kelas kontrol (21,26). Implikasi dari penelitian ini adalah teknik Think Pair Share bisa digunakan dalam pembelajaran keterampilan membaca di SMA untuk meningkatkan kemampuan membaca bahasa Jerman peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: think pair share, membaca bahasa jerman
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 25 Jun 2015 02:03
Last Modified: 30 Jan 2019 00:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21446

Actions (login required)

View Item View Item