PERBEDAAN KECEMASAN SISWA AKSELERASI DAN NON-AKSELERASI KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PURWOKERTO

Intan Ambarwati, Intan (2015) PERBEDAAN KECEMASAN SISWA AKSELERASI DAN NON-AKSELERASI KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PURWOKERTO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
INTAN AMBARWATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Perbedaan kecemasan siswa kelas XI program akselerasi dan non-akselerasi, 2) Tingkat kecemasan siswa kelas XI program akselerasi dan non-akselerasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif ex post facto. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Purwokerto tahun ajaran 2012/2013. Subjek penelitian berjumlah 58 siswa dari populasi sebanyak 303 siswa, pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan cara disproporsional random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan angket berupa skala bertingkat sedangkan instrumen penelitian yang digunakan adalah skala kecemasan. Uji validitas instrumen dilakukan dengan rumus product moment dari Pearson, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus alpha dari Cronbach. Hasil uji validitas dan reliabilitas instrumen ini valid dan memiliki reliabilitas tinggi dengan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,921. Untuk teknik analisis data digunakan teknik analisis statistik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan kecemasan antara siswa akselerasi dan non-akselerasi kelas XI yang ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar -1.025 dengan nilai signifikansi 0.310. Secara umum kecemasan siswa kelas XI masuk kategori kurang. Kata kunci: kecemasan, akselerasi, non-akselerasi, SMA Negeri 1 Purwokerto.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 26 Jun 2015 01:17
Last Modified: 30 Jan 2019 00:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21444

Actions (login required)

View Item View Item