KEEFEKTIFAN TEKNIK MURDER DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 NGAGLIK SLEMAN

Nurhayati, Ami (2013) KEEFEKTIFAN TEKNIK MURDER DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 NGAGLIK SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ami Nurhayati 09203241014.pdf

Download (40MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan yang signifikan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Ngaglik Sleman antara yang diajar dengan menggunakan teknik MURDER dan yang diajar dengan menggunakan teknik konvensional, (2) keefektifan penggunaan teknik MURDER dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuasi eksperimen. Desain penelitian ini adalah pre-test control group desain. Penelitian ini terdiri dari 2 variabel yaitu teknik MURDER sebagai variabel bebas dan keterampilan membaca bahasa Jerman sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ngaglik Sleman yang berjumlah 102 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil pengambilan sampel diperoleh kelas XI IPS 2 (35 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 1 (34 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Data diperoleh melalui tes keterampilan membaca bahasa Jerman pada pre-test dan posttest. Analisis hasil uji coba instrumen menggunakan uji validitas butir soal dan uji reliabilitas. Hasil uji validitas butir soal menunjukkan 36 dari 40 butir soal memiliki nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,361), sehingga instrumen penelitian dinyatakan valid. Hasil uji reliabilitas menunjukkan nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,935>0,6). Analisis data penelitian menggunakan uji-t. Hasil analisis data uji-t menghasilkan thitung 3,295 lebih besar dari ttabel 1,996 dengan taraf signifikan α = 0,05. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Bobot keefektifannya adalah 9,83%. Nilai rata-rata akhir kelas eksperimen sebesar 79,2029 lebih besar dari kelas kontrol 72,4618. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teknik MURDER efektif dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: murder, membaca bahasa jerman
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 25 Jun 2015 02:00
Last Modified: 30 Jan 2019 00:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21442

Actions (login required)

View Item View Item