PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATA KULIAH INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Akbarudin, Akhmad (2014) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATA KULIAH INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Akhmad Akbarudin (08105241006).pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia interaktif mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer bagi mahasiswa program studi Teknologi Pendidikan sebagai media pembelajaran yang layak. Penelitian dilaksanakan dengan adaptasi dari model penelitian pengembangan Borg & Gall. Tahapan tersebut yaitu tahap studi pendahuluan meliputi studi pustaka dan studi lapangan. Tahap pengembangan produk meliputi perencanaan, mendesain prototype, memproduksi multimedia, dan validasi ahli. Tahap uji coba produk meliputi uji coba satu- satu, kelompok kecil dan kelompok besar. Subjek uji coba mahasiswa prodi TP semester 4. Data dikumpulkan melalui angket dan observasi, hasil penelitian dianalisis dengan analisi deskriptif kuantitatif. Produk multimedia interaktif mata kuliah IMK yang dihasilkan memiliki karakteristik sebagai berikut: a) Strategi penyajian menggunakan metode branching (acak) dan linier (berurutan); b) Materi disajikan secara tekstual dan visual (video tutorial); c) Materi pembelajaran mencakup Pengenalan software antarmuka Adobe Flash CS3, langkah instalasi, workspace, menggambar objek, membuat objek dengan warna, membuat object grafis, symbol, teks, animasi, spesial efek, audio / sound, video, e-learning konten, flash screen, format publikasi, perintah action script 2.0, action script component; d) Materi yang dikembangkan sesuai dengan kondisi pemahaman kognitif pebelajar; e) Dapat digunakan sesuai keinginan pebelajar, misal dalam pembelajaran mandiri, f) Gagasan-gagasan secara umum disajikan secara realistik dalam konteks pengalaman pebelajar, relevan dengan kondisi belajar, dan di bawah kendali pebelajar. Penyajian materi dengan konten animasi, visualisasi dan interaktivitas yang menarik dikembangkan untuk memotivasi pembelajaran. g) Bahan belajar multimedia menggunakan perangkat CD interaktif dimana menunjukkan interaktifitas pebelajar yang tinggi. Hasil penelitian menunjukan multimedia interaktif ini telah memenuhi kelayakan dari aspek materi, media dan pengguna. Penilaian akhir dari aspek materi didapat skor 3,70 dengan kriteria layak. Penilaian akhir dari aspek media didapat skor 4,10 dengan kriteria layak. Penilaian hasil uji coba kelompok besar didapat skor 3,61 dengan kriteria layak. Hasil tersebut menjadikan multimedia interaktif ini layak sebagai sumber belajar mata kuliah IMK bagi mahasiswa prodi TP FIP UNY.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 26 Jun 2015 01:01
Last Modified: 26 Jun 2015 01:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21440

Actions (login required)

View Item View Item