PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER (COMPUTER-ASSISTED INSTRUCTION) MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN BERHITUNG PADA ANAK KELAS I SD NEGERI CATUR TUNGGAL 3

Satria Pamungkas, Ageng (2014) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER (COMPUTER-ASSISTED INSTRUCTION) MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN BERHITUNG PADA ANAK KELAS I SD NEGERI CATUR TUNGGAL 3. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Ageng Satria Pamungkas_09105244025.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk media pembelajaran CAI yang layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika pokok bahasan berhitung pada anak kelas I SD Negeri Catur Tunggal 3, (2) mengetahui pengaruh penggunaan produk media pembelajaran CAI yang dihasilkan dalam meningkatkan hasil belajar berhitung pada mata pelajaran matematika kelas I Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan pendekatan Research and Development dari Alessi dan Trolip dan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 24 siswa kelas I SD Negeri Catur Tunggal 3, subjek uji coba lapangan awal adalah 8 siswa, subjek uji coba lapangan akhir adalah 16 siswa. Objek penelitian berupa media pembelajaran CAI mata pelajaran matematika pokok bahasan berhitung. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi tak terstruktur, wawancara tak terstruktur, angket dan penilaian hasil belajar. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar angket dan lembar penilaian hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif untuk kelayakan media dan pengaruh penggunaan media terhadap hasil belajar. Analisis untuk kelayakan media dengan cara mengubah data kualitatif menjadi kuantitatif dengan skala penilaian 5 dan analisis pengaruh penggunaan media terhadap hasil belajar dengan cara membandingkan hasil tes evaluasi (pretest dan posttest) siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran CAI yang dihasilkan layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika pokok bahasan berhitung pada kelas I Sekolah Dasar, hal tersebut berdasarkan hasil validasi ahli materi kategori sangat layak (4,86) dengan persentase kelayakan (97,2%), hasil validasi ahli media kategori sangat layak (4,4) dengan persentase kelayakan (84,4%), uji coba lapangan awal kategori layak (90,2%), uji coba lapangan akhir kategori layak (94,4%). (2) Besar pengaruh penggunaan media pembelajaran CAI yang dihasilkan terhadap peningkatan persentase jumlah siswa yang mencapai KKM dari 50% menjadi 91,7%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 26 Jun 2015 01:01
Last Modified: 30 Jan 2019 00:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21436

Actions (login required)

View Item View Item