MANAJEMEN PENDIDIK DI MADRASAH DINIYAH PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM DEPOK SLEMAN

Baiquni, Rahmat (2015) MANAJEMEN PENDIDIK DI MADRASAH DINIYAH PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM DEPOK SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Baiquni Rahmat.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai manajemen pendidik di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Wahid Hasyim (Madin PPWH) Depok, Sleman yang meliputi perekrutan dan penempatan pendidik, pembinaan dan pengembangan pendidik, pemberian kompensasi (pemeliharaan) bagi pendidik, serta pelepasan atau pemberhentian pendidik. Pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri atas 3 (tiga) orang informan yang ditetapkan berdasarkan pertimbangan bahwa pihak-pihak yang bersangkutan merupakan sumber yang paling mengetahui tentang kondisi manajemen pendidik di Madin PPWH. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Madin PPWH, Wakil Kepala Bidang Kurikulum dan Pengajaran serta seorang pendidik Madin PPWH. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam dan analisis dokumen. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif model interaksi yang dikembangakan oleh Miles dan Hubermen (1984) yang mencakup: pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), serta penarikan kesimpulan atau verifikasi data (conclusion drawing/verifying). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. (1) Perekrutan dan penempatan pendidik di Madin PPWH dilaksanakan dengan sistem kekeluargaan serta bersifat informal. Pengelola hanya melakukan musyawarah untuk menentukan individu-individu yang layak untuk direkrut menjadi pendidik tanpa menyelenggarakan ujian-ujian tertentu bagi calon pendidik. Pembagian tugas bagi pendidik juga dilakukan dengan cara bermusyawarah antara pengelola dengan masing-masing pendidik. (2) Tujuan utama dari pemberian kompensasi bagi pendidik di Madin PPWH bukanlah untuk menarik pegawai yang berkualitas, mempertahankan pegawai, memotivasi kinerja maupun membangun komitmen, melainkan sebagai salah satu wujud penghargaan dan ucapan terima kasih dari pihak pengelola kepada para pendidik. (3) Proses pembinaan dan/atau pengembangan pendidik di Madin PPWH belum maksimal dilaksanakan karena belum dilaksanakan secara sistematis, seperti melakukan identifikasi terhadap kekurangan, kesulitan serta masalah-masalah yang dialami oleh pendidik, maupun langkah-langkah sistematis lainnya. (4) Pengelola Madin PPWH tidak menetapkan aturan baku mengenai pelepasan atau pemberhentian pendidik, seperti kriteria pendidik yang harus dilepas atau diberhentikan, sehingga pelepasan atau pemberhentian pendidik hanya dilakukan apabila pendidik yang bersangkutan mengajukan pengunduran diri.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 30 Jun 2015 03:24
Last Modified: 30 Jan 2019 00:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21428

Actions (login required)

View Item View Item