PENGARUH MODEL ACTIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SD NEGERI GEDONGKIWO YOGYAKARTA

Kristiyani, Ida (2015) PENGARUH MODEL ACTIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SD NEGERI GEDONGKIWO YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran active learning teknik jigsaw terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri Gedongkiwo, Kecamatan Mantrijeron, Kota Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Variabel terikat pada penelitian yaitu keterampilan berbicara, sedangkan variabel bebasnya adalah model active learning teknik jigsaw. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gedongkiwo yang berjumlah 41 siswa. Teknik untuk menentukan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen adalah dengan undian. Kelompok eksperimen yaitu kelas IVB dan kelompok kontrol yaitu kelas IVA.Teknik analisis data yang digunakan adalah t-test. T-test digunakan untuk menguji hipotesis dengan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas data. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan model active learning teknik jigsaw terhadap keterampilan berbicara. Terdapat perbedaan secara signifikan antara kelompok eksperimen dengan menggunakan model active learning teknik jigsaw dan kelompok kontrol dengan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan. Hal tersebut dibuktikan dari hasil analisis uji t menunjukkan bahwa nilai Sig sebesar 0,000 menyatakan < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya ada perbedaan yang signifikan perubahan keterampilan berbicara kelompok eksperimendengan perubahan keterampilan berbicara pada kelompok kontrol. Perubahan tersebut berupa peningkatan keterampilan berbicara. Sementara dilihat dari rata-rata perubahan keterampilan berbicara, kelompok kontrol sebesar 1,6944 dan kelompok eksperimen sebesar 3,6174 artinya perubahan keterampilan berbicara kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Kata kunci : model active learning teknik jigsaw, pembelajaran keterampilan berbicara

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 25 Jun 2015 03:47
Last Modified: 30 Jan 2019 00:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21425

Actions (login required)

View Item View Item