PERBEDAAN TINGKAT PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI KECENDERUNGAN GAYA BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Pertiwi, - (2015) PERBEDAAN TINGKAT PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI KECENDERUNGAN GAYA BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_PERTIWI_11108241128.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan adanya perbedaan tingkat prestasi belajar siswa SDN Siyono 3 dan perbedaan kecenderungan gaya belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat prestasi belajar ditinjau dari kecenderungan gaya belajar siswa SDN Siyono 3 Playen Gunungkidul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SDN Siyono 3. Sampel penelitan yaitu seluruh siswa kelas IV, V, dan VI SDN Siyono 3 sejumlah 57 siswa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner berbentuk pilihan ganda dengan jawaban tunggal untuk variabel gaya belajar, sedangkan variabel tingkat prestasi belajar menggunakan dokumentasi rapor semester gasal. Alat ukur variabel gaya belajar sudah diuji validitasnya menggunakan penilaian ahli dan uji reliabilitas menggunakan rumus Kuder-Richardson 21 (K-R 21) dengan hasil sebesar: 0,373 untuk aspek gaya belajar visual, gaya belajar auditorial sebesar 0,468, dan gaya belajar kinestetik sebesar 0,429. Teknik analisis data yang digunakan adalah chisquare. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan tingkat prestasi belajar ditinjau dari kecenderungan gaya belajar siswa SDN Siyono 3 Playen Gunungkidul yang dibuktikan dengan nilai chi-square sebesar 13,285 dengan p= 0,208 pada taraf signifikansi (p<0,05). Implikasi dari penelitian ini adalah guru kelas disarankan mampu merancang media dan metode pembelajaran yang variatif supaya siswa bebas melakukan kegiatan, sehingga lebih cepat dan mudah dalam belajar. Kata kunci: gaya belajar, tingkat prestasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 25 Jun 2015 03:47
Last Modified: 30 Jan 2019 00:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21424

Actions (login required)

View Item View Item