Kontribusi Kompetensi Guru Kejuruan, Kelengkapan Fasilitas Belajar Praktik, Disiplin Belajar Siswa dan Pengalaman Prakerin terhadap Pencapaian Kompetensi Kejuruan Siswa TKJ SMK Negeri di Kota Pekanbaru

Herlandy, Pratama benny (2015) Kontribusi Kompetensi Guru Kejuruan, Kelengkapan Fasilitas Belajar Praktik, Disiplin Belajar Siswa dan Pengalaman Prakerin terhadap Pencapaian Kompetensi Kejuruan Siswa TKJ SMK Negeri di Kota Pekanbaru. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-pratama-benny-herlandy-13702251041.swf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) profil kompetensi kejuruan siswa SMK Negeri se-Kota Pekanbaru pada Kompetensi keahlian teknik komputer jaringan, dan (2) kontribusi pengaruh dari variabel kompetensi guru kejuruan, fasilitas belajar praktik, disiplin belajar siswa dan pengalaman prkaerin secara bersama-sama maupun parsial terhadap kompetensi kejuruan siswa TKJ di SMK Negeri se Kota Pekanbaru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII TKJ SMK Negeri se Kota Pekanbaru dengan jumlah sampel sebanyak 187 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan proportional random sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui kuisioner yang telah divalidasi secara konstruk dan empiris dan memiliki nilai reliabilitas diatas 0,7 serta melalui kegiatan observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk menjelaskan gambaran umum data hasil penelitian dan statistik inferensial untuk membuktikan hipotesis melalui analisis regresi liner sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 49,2% siswa TKJ di SMK Negeri se Kota Pekanbaru meraih hasil uji kompetensi kejuruan diatas nilai rata-rata 80,58. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dan kontribusi positif dari masing-masing variabel bebas secara parsial terhadap kompetensi kejuruan siswa pada taraf kesalahan 5%. Secara parsial, nilai kontribusi masing-masing variabel bebas jika dinyatakan dalam bentuk persentase adalah 32,3% untuk kompetensi guru. 38,7% untuk kontribusi dari fasilitas belajar praktik. 64,2% untuk kontribusi disiplin belajar siswa serta 43,2% untuk nilai kontribusi dari variabel pengalaman prakerin. Analisis data juga menujukkan bahwa interaksi secara bersama-sama dari variabel kompetensi guru kejuruan, fasilitas belajar praktik, disiplin belajar dan pengalaman prakerin memberikan pengaruh yang signifikan dengan persentase 59,3% serta kontribusi positif terhadap pencapaian kompetensi kejuruan siswa TKJ di Seluruh SMK Negeri se Kota Pekanbaru pada taraf kesalahan 5%. Persentase nilai kontribusi dari interaksi seluruh variabel bebas secara bersama-sama adalah 14,4% dari kompetensi guru kejuruan, 10,7% dari fasilitas belajar praktik, 18,4% dari disiplin belajar siswa dan sebesar 20,1% kontribusi berasal dari pengalaman prakerin. Dari hasil penelitian disarankan sebaiknya dilakukan peningkatan kualitas dari seluruh variabel yang mempengaruhi kompetensi kejuruan siswa TKJ di SMK Negeri Kota Pekanbaru dan sebaiknya dilakukan penelitian lanjut untuk menjelaskan 40,7% pengaruh oleh faktor lain yang belum dijelaskan pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi, Guru, Fasilitas, Disiplin, Prakerin, Kompetensi Siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Jun 2015 03:47
Last Modified: 09 May 2019 02:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21419

Actions (login required)

View Item View Item