Pengaruh Pengelolaan Bengkel terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Praktik di Bengkel SMK Program Keahlian Teknik Pemesinan di Provinsi Yogyakarta

Syauqi, Khusni (2015) Pengaruh Pengelolaan Bengkel terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Praktik di Bengkel SMK Program Keahlian Teknik Pemesinan di Provinsi Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-khusni syauqi-13702251034.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pengelolaan bengkel dilihat dari segi pengelolaan fasilitas bengkel, bahan dan peralatan praktik, perawatan dan perbaikan alat/mesin, serta keselamatan dan kesehatan kerja (K3) terhadap hasil belajar praktik teknik pemesinan bubut di SMK program keahlian teknik pemesinan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI program keahlian teknik pemesinan di enam SMK di lima kabupaten yang berjumlah 267 siswa. Pengambilan data menggunakan angket model skala Likert untuk variabel pengelolaan fasilitas bengkel, bahan dan peralatan praktik, perawatan dan perbaikan alat/mesin, serta keselamatan dan kesehatan kerja (K3), sedangkan variabel hasil belajar praktik teknik pemesinan bubut menggunakan metode dokumentasi berdasarkan nilai akhir pada semester ganjil tahun ajaran 2014-2015. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan fasilitas bengkel berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar praktik teknik pemesinan bubut sebesar 0,444. Pengelolaan bahan dan peralatan praktik berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar praktik teknik pemesinan bubut sebesar 0,480. Pengelolaan perawatan dan perbaikan alat/mesin berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar praktik teknik pemesinan bubut sebesar 0,538. Pengelolaan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar praktik teknik pemesinan bubut sebesar 0,358. Pengelolaan bengkel ditinjau dari segi pengelolaan fasilitas bengkel, bahan dan peralatan praktik, perawatan dan perbaikan alat/mesin, dan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar praktik teknik pemesinan bubut. Kontribusi pengelolaan fasilitas bengkel, bahan dan peralatan praktik, perawatan dan perbaikan alat/mesin, dan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) secara bersama-sama terhadap hasil belajar praktik teknik pemesinan bubut yaitu sebesar 39,5%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan bengkel, fasilitas bengkel, bahan dan peralatan praktik, perawatan dan perbaikan alat/mesin, keselamatan dan kesehatan kerja (K3), hasil belajar praktik teknik pemesinan bubut
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Jun 2015 03:47
Last Modified: 13 Sep 2022 02:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21415

Actions (login required)

View Item View Item