NILAI-NILAI SOSIAL TARI PA’GELLU’ DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT TORAJA KECAMATAN RINDINGALLO, KABUPATEN TORAJA UTARA, SULAWESI SELATAN

Pala’langan, Zhyta Larasati (2014) NILAI-NILAI SOSIAL TARI PA’GELLU’ DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT TORAJA KECAMATAN RINDINGALLO, KABUPATEN TORAJA UTARA, SULAWESI SELATAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Zhyta Larasati Pala'langan 10209241053

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai sosial tari Pa’gellu’ dalam kehidupan masyarakat Toraja di Kecamatan Rindingallo, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah seniman daerah, penari, pemusik, masyarakat, dan tokoh masyarakat Kecamatan Rindingallo. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari data yang telah dikumpulkan, kemudian dilakukan analisis data dengan tahapan reduksi data, display data, serta penarikan kesimpulan kemudian dilakukan uji keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi. Dari pembahasan yang telah dilakukan, maka penelitian ini memperoleh hasil bahwa tari Pa’gellu’ memiliki nilai-nilai sosial yang sangat erat kaitannya dengan fungsi dalam masyarakat. Nilai-nilai sosial tersebut adalah: (a) nilai religi, (b) nilai hiburan, (c) nilai pendidikan, (d) nilai ekonomi, (e) nilai komunikasi, (f) nilai moral, (g) nilai patriotisme.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Nilai Sosial, Tari Pa’gellu’
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 24 Aug 2015 02:04
Last Modified: 30 Jan 2019 00:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21401

Actions (login required)

View Item View Item