EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LEMBAR KEGIATAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS LINGKARAN DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP N 3 YOGYAKARTA

Amalia, Amalia (2011) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LEMBAR KEGIATAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS LINGKARAN DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP N 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-AMALIA_(07301244112).pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kefektifan pembelajaran matematika dengan media LKS dan pembelajaran tanpa media LKS pada materi keliling dan luas lingkaran dan membandingkan prestasi belajar siswa antara kedua pembelajaran tersebut. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 3 Yogyakarta tahun pelajaran 2010/2011. Sebagai sampel adalah siswa kelas VIII B dan VIII C. Kelas VIII B terpilih sebagai kelas kontrol yakni kelas yang pembelajarannya tanpa media LKS, sedangkan kelas VIII C terpilih sebagai kelas eksperimen yakni kelas yang pembelajarannya menggunakan media LKS. Masing-masing kelas terdiri dari 36 siswa, sehingga ukuran sampel dari penelitian ini adalah 72 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen pre test dan post test yang berupa isian singkat. Instrumen penelitian terdiri dari 5 butir soal. Analisis data statistika yang digunakan adalah teknik statistika deskriptif dan teknik statistika inferensial. Hasil analisis data dengan statistika deskripsif adalah: (1) untuk kelas eksperimen rata-rata skor pre test 32,14 dengan variansi 38,47; sedangkan ratarata skor post test 80 dengan variansi 103,87; (2) untuk kelas kontrol rata-rata skor pre test 33,19 dengan variansi 35,19; sedangkan rata-rata skor post test 75,11 dengan variansi 82,73. Hasil analisis statistika inferensia menyimpulkan bahwa: (1) Pembelajaran dengan media LKS dan pembelajaran tanpa media LKS pada materi keliling dan luas lingkaran efektif digunakan; (2) Peningkatan penguasaan materi siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan media LKS lebih baik daripada pengingkatan penguasaan materi siswa yang mendapatkan pembelajaran tanpa media LKS; (3) prestasi belajar matematika siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan media LKS lebih baik daripada prestasi belajar matematika siswa yang mendapatkan pembelajaran tanpa media LKS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: F. MIPA
Date Deposited: 20 Jun 2012 02:56
Last Modified: 29 Jan 2019 13:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/214

Actions (login required)

View Item View Item