UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE PEMBELAJARAN TEMAN SEJAWAT PADA STANDAR KOMPETENSI TEORI MEMELIHARA /SERVIS SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA

Sugiri, Sugiri (2015) UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE PEMBELAJARAN TEMAN SEJAWAT PADA STANDAR KOMPETENSI TEORI MEMELIHARA /SERVIS SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Sugiri 09504247019.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE PEMBELAJARAN TEMAN SEJAWAT PADA STANDAR KOMPETENSI TEORI MEMELIHARA /SERVIS SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA Sugiri 09504247019 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran untuk meningkatan keaktifan dan hasil belajar belajar siswa Program Keahlian Teknik Otomotif Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK PIRI 1 Yogyakarta pada standar kompetensi teori memelihara/servis sistem bahan bakar bensin melalui penerapan metode pembelajaran teman sejawat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas ( PTK), yang pada prosesnya menerapkan metode pembelajaran teman sejawat. PTK ini ada 4 tahapan yang dilakukan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Objek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR1 di SMK PIRI 1 dengan jumlah 27 siswa. Sistematika pelaksanaan penelitian ini menerapkan 3 siklus, perencanaan siklus I berdasarkan studi pendahuluan, pelaksanaanya yaitu dengan menyampaikan materi, memberi perintah pada siswa yang belum tuntas belajarnya untuk bertanya pada teman sejawatnya satu kelas satu kelompok yang sudah tuntas belajarnya dikelas, kemudian yang sudah tuntas belajarnya membantu menjadi tutor menjelaskan pada temanya yang belum tuntas belajarnya. Pengamatan keaktifan siswa dalam belajar dan hasil belajar selama penerapan pembelajaran teman sejawat belajar siswa dipantau melalui observasi langsung ke dalam kelas pada saat proses belajar dan mengajar berlangsung sedangkan hasil belajar belajar siswa diukur dengan melaksanakan tes awal pada awal pertemuan dan mengadakan tes akhir pada akhir pertemuan. Refleksi mengevaluasi kekurangan dari tiap-tiap siklus untuk perbaikan pada siklus berikutnya. Data dianalisis dengan teknik Trianggulasi dilakukan dengan cara membandingkan data observasi wawancara guru dengan hasil pelaksanaan melalui tahapan reduksi, paparan data dan penyimpulan hasil. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan positif sebesar 22,12%. Sedanghan hasil belajar saat observasi 5,75 siklus I sebesar 6,82, siklus II sebesar 7,45 dan siklus III sebesar 7,78 . Jadi berbanding lurus dengan meningkatnya keaktifan positif siswa maka hasil belajarnya juga ikut meningkat. Kata kunci : PTK, pembelajaran teman sejawat, keaktifan belajar, hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 24 Jun 2015 03:38
Last Modified: 30 Jan 2019 00:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21373

Actions (login required)

View Item View Item