UJI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRANS DIMENSIONAL OBJEK GAMBAR (TDOG) PADA MATA KULIAH KONSTRUKSI BANGUNAN DAN MENGGAMBAR (KBM) I

Sugiarto, Sugiarto (2015) UJI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRANS DIMENSIONAL OBJEK GAMBAR (TDOG) PADA MATA KULIAH KONSTRUKSI BANGUNAN DAN MENGGAMBAR (KBM) I. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Sugiarto 09505247005.pdf

Download (89MB) | Preview

Abstract

UJI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRANS DIMENSIONAL OBJEK GAMBAR (TDOG) PADA MATA KULIAH KONSTRUKSI BANGUNAN DAN MENGGAMBAR (KBM) I Oleh: Sugiarto NIM. 09505247005 ABSTRAK Kompentensi mata kuliah KBM I memuat konsep struktur bangunan yang rumit, terutama bagi mahasiswa berlatar belakang pedidikan SMA/SMU. Kerumitan struktur bangunan yang meyebabkan terhambatnya pemahaman dan keterampilan menggambar yang meyebabkan kurang tercapainya standar kompentensi dasar dari mata kuliah KBM I. Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran mandiri dengan metode Trans Dimensi Obyek Gambar (TDOG) berdasarkan kebutuhan mahasiswa agar lebih mudah memahami hubungan antara konsep dan kenyataan, dan objek nyata dan gambar di atas kertas. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan prodedur Research and Development (R&D). Rencana pelaksanaan penelitian dibuat dalam dua tahap, yaitu: 1) pengembangan produk, dan 2) pengujian ke-efektifan produk. Secara rinci, pengembangan produk dengan langkah: konsep, desain, pengumpulan bahan, penggabungan, uji coba, distribusi. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan katagori skala penilaian yang telah ditentukan. Berdasar hasil pengujian,dapat disimpulkan bahwa: 1) model pengembangan media berdasarkan kebutuhan mahasiswa dikembangkan melalui tahap: melakukan penelitian pendahuluan, pembuatan desain software, pengumpulan bahan, pengembangan produk awal, validasi produk awal, analisis, revisi produk awal, uji coba lapangan, analisis uji coba lapangan,revisi II, produk akhir. 2) hasil penilaian uji lapangan tahap pertama mendapat skor rerata sebesar 3,82, pada hasil uji lapangan tahap kedua terdapat peningkatan dengan skor rerata sebesar 4,00, dan pada pengujian tahap ketiga menunjukkan peningkatan dari uji tahap pertama dan kedua dengan skor rerata sebesar 4.24 dari skala 5 menunjukan hasil “Sangat Baik”. Dari hasil pengujian tahap ketiga maka media ini sudah dianggap layak digunakan untuk mahasiswa sebagai media pembelajaran, Kata kunci : media pembelajaran, TDOG

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 24 Jun 2015 03:33
Last Modified: 30 Jan 2019 00:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21371

Actions (login required)

View Item View Item