PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK UNTUK MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER KOLABORASI DAN JEJARING PADA PELAJARAN DASAR DESAIN SISWA KELAS X BUSANA BUTIK SMKN 6 YOGYAKARTA

Sri Rondiyah, Ngubudiyah (2015) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK UNTUK MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER KOLABORASI DAN JEJARING PADA PELAJARAN DASAR DESAIN SISWA KELAS X BUSANA BUTIK SMKN 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Sri Rondiyah N 10513241024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK UNTUK MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER KOLABORASI DAN JEJARING PADA PELAJARAN DASAR DESAIN SISWA KELAS X BUSANA BUTIK SMKN 6 YOGYAKARTA Oleh: Sri Rondiyah Ngubudiyah 10513241024 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan media pembelajaran berbentuk komik materi prinsip-prinsip desain untuk menanamkan nilai karakter kolaborasi dan jejaring bagi siswa kelas X Busana Butik di SMKN 6 Yogyakarta, 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran komik untuk menanamkan pendidikan karakter kolaborasi dan jejaring pada pelajaran dasar desain. Pengembangan media komik untuk menanamkan pendidikan karakter kolaboratif dan jejaring pada pelajaran dasar desain siswa kelas x busana butik smkn 6 yogyakarta ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau research and development dengan menerapkan teori Borg and Gall dengan 5 langkah penelitian yang mengadopsi tim puslitjaknov. Tahapan dalam penelitian ini terdiri dari: 1) analisis produk; (2) mengembangkan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji coba kelompok kecil, (5) uji Lapangan/ keterbacaan siswa. Proses validasi dilakukan oleh 2 orang ahli media dan 2 orang ahli materi. Uji kelompok kecil dilakukan dengan 5 siswa dan untuk uji lapangan dilakukan dengan 26 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian pengembangan media komik untuk menanamkan pendidikan kolaboratif dan jejaring pada pelajaran dasar desain siswa kelas x busana butik smkn 6 yogyakarta ini adalah 1) mengembangkan media pembelajaran dengan tahap analisis produk dengan mengkaji kurikulum dan silabus, mengembangkan produk awal yang terdiri dari tahap perencanaan, pra produksi, Produksi (grand desain komik, merancang susunan, story board, konsultasi, membuat gambar, scaning, colouring, menulis narasi, editing, cetak), Pasca produksi, Review produk, validasi ahli menyatakan layak dengan revisi, uji kelompok kecil menyatakan layak, dan langkah terakhir uji lapangan yang menyatakan produk sangat layak. Penelitian ini menghasilkan produk komik yang mampu menanamkan pendidikan karakter kolaborasi dan jejaring pada mata pelajaran dasar desain. 2) Media pembelajaran komik ini termasuk dalam kategori sangat layak dengan rerata nilai 152. Oleh sebab itu dengan adanya komik tersebut, mampu menanamkan pendidikan karakter kolaborasi dan jejaring pada mata pelajaran dasar desain. Kata kunci : Media komik, pendidikan karakter, kolaborasi dan jejaring, dasar desain

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 24 Jun 2015 03:25
Last Modified: 30 Jan 2019 00:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21367

Actions (login required)

View Item View Item