Mujiruseno, Zaid (2013) KAJIAN VISUAL PERUBAHAN LOGO PERUSAHAAN UMUM (PERUM) PERHUTANI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Zaid Mujiruseno 07206244040.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kajian visual perubahan logo Perum Perhutani ditinjau dari latar belakang dengan kesesuaian visi misi, visual dan makna filosofi. Perum Perhutani adalah Badan Usaha Milik Negara di Indonesia yang memiliki tugas dan wewenang untuk menyelenggarakan perencanaan, pengusahaan dan perlindungan hutan di wilayah kerjanya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan instrumen utama peneliti, sebagai instrumen pendukung adalah pedoman wawancara, dan dokumentasi. Hand phone sebagai alat perekam suara dan kamera digunakan sebagai alat bantu dokumentasi. Penelitian dirumuskan pada visual dan makna filosofi logo baru Perum Perhutani. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Keabsahan data diperoleh menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) visual logo baru Perum Perhutani yang berbentuk segitiga memiliki unsur-unsur visual yang dapat mewakili visi misi Perum Perhutani, yang secara keseluruhan unsur-unsur tersebut terdiri dari bentuk panah yang melesat ke atas berwarna jingga, 17 lingkaran dengan warna yang terdiri dari jingga, hijau, biru dan kuning serta bentuk manusia dengan warna jingga, hijau dan biru. Pada bagian bawah lingkaran dilengkapi dengan tulisan Perhutani yang menggunakan font gotham berwarna coklat. (2) unsur-unsur tersebut menggambarkan (people, planet, profit) sebagai motto dengan makna filosofi people digambarkan dengan bentuk manusia yang melambangkan setiap jajaran di Perum Perhutani yang secara profesional berkerja bersama dengan penuh semangat demi mencapai tujuan perusahaan. Planet digambarkan dengan bentuk 17 lingkaran berwarna-warni yang bermakna kesiapan dan kemampuan Perum Perhutani untuk mengelola hutan Indonesia secara lestari dan berkesinambungan. Sedangkan, profit digambarkan dengan bentuk panah yang melesat ke atas yang bermakna komitmen dan semangat seluruh jajaran Perum Perhutani dalam melakukan transformasi dan perbaikan terus-menerus demi mencapai visi perusahaan yaitu “Sasaran paling akhir dapat menjadi pengelola hutan lestari kelas dunia untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat”.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perubahan logo Perum Perhutani |
Subjects: | Seni dan Budaya > Seni Rupa |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Admin Pendidikan Seni Rupa FBS |
Date Deposited: | 24 Jun 2015 02:50 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 23:59 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21347 |
Actions (login required)
View Item |