PEMBINAAN KREATIVITAS SISWA DI SMP NEGERI 1 SALAM KABUPATEN MAGELANG MELALUI SENI PATUNG PLASTISIN

Windarto (2013) PEMBINAAN KREATIVITAS SISWA DI SMP NEGERI 1 SALAM KABUPATEN MAGELANG MELALUI SENI PATUNG PLASTISIN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Windarto 10206247007.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguku pembinaan kreativitas siswa melalui kegiatan pembuatan karya seni patung menggunakan bahan plastisin di SMP Negeri 1 Salam. Subjek penelitian ini adalah siswa di SMP Negeri 1 Salam, Kabupaten Magelang, sedangkan objek Penelitian ini adalah kreativitas siswa dalam berkarya seni patung hasil dari pembelajaran seni patung menggunakan bahan plastisin. Data diperoleh dengan cara observasi pembelajaran seni patung kelas VIII B di SMP Negeri 1 Salam, Kabupaten Magelang. Data dianalisis dengan dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas trianggulasi. Hasil penelitian pembinaan kreativitas siswa melalui seni patung plastisin di SMP Negeri 1 Salam adalah sampel siswa kelas VIII B berjumlah 32 karya patung plastisin. Patung itu kemudian dinilai dan di analisa dapat dikelompokkan menjadi 3 kategori karya, yaitu a). 2 karya siswa dengan nilai A (≥ 4,20)/6,25% adalah kategori sangat kreatif, b). 21 karya siswa dengan nilai B (3,40 sampai dengan 4,20)/65,625% adalah kategori kreatif, c). 9 karya siswa dengan nilai C (2,59 sampai dengan 3,40)/28,125% adalah kategori cukup kreatif. Dilihat wujudnya terdiri dari a). wujud representatif sejumlah 18 karya (56,25 %), b). wujud deformatif sejumlah 8 karya ( 25%), c). wujud imajinatif sejumlah 6 karya (18,75%).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembinaan kreativitas, patung plastisin
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 24 Jun 2015 02:46
Last Modified: 29 Jan 2019 23:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21344

Actions (login required)

View Item View Item