PEMBELAJARAN MELUKIS MODEL KUCING IMAJINATIF DENGAN POWER POINT DI SMP N 1 SRUMBUNG KABUPATEN MAGELANG

Sa'anuddin, Rum (2013) PEMBELAJARAN MELUKIS MODEL KUCING IMAJINATIF DENGAN POWER POINT DI SMP N 1 SRUMBUNG KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rum Sa'anuddin 10206247005.pdf

Download (27MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melukis model kucing imajinatif dengan power point melalui pendekatan kolaboratif siswa SMP N 1 Srumbung kelas IX A. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan pendekaatan kolaboratif. peneliti berkolaborasi dengan guru Seni Budaya SMP Negeri 1 Grabag. Sampel penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IX A berjumlah 30 orang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Hubungan pembelajaran pada pelajaran melukis model kucing pra tindakan dengan sebelum menerapkan pendekatan kolaborasi didapatkan siswa kurang mampu menterjemahkan tugas melukis model kucing didapatkan, bentuk dan warna tidak sesuai , setelah guru mengadakan tindakan kelas pertama dengan media power point menghasilkan karya, menunjukkan adanya peningkatan pada siklus I, didapatkan bentuk dan warna menunjukkan kemiripan pada melukis model kucing imajinatif. Pada siklus II juga ada peningkatan hasil belajar menunjukkan kemampuan kemiripan dengan memberikan 5 contoh model kucing imajinatif pada pembelajaran seni lukis imajinatif. Hal ini menunjukkan dengan menerapkan metode pendekatan kolaboratif dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran melukis model kucing imajinatif dengan power point di SMP N 1 Srumbung Kabupaten Magelang pada tahun 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: melukis, power point
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 24 Jun 2015 02:43
Last Modified: 29 Jan 2019 23:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21341

Actions (login required)

View Item View Item