EFEKTIVITAS METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI BELAJAR ANALISIS KARAKTERISTIK KOMPONEN ELEKTRONIKA SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 WONOSARI

Fatma, Dewi (2015) EFEKTIVITAS METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI BELAJAR ANALISIS KARAKTERISTIK KOMPONEN ELEKTRONIKA SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 WONOSARI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi_10501241033_Fatma Dewi.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

EFEKTIVITAS METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI BELAJAR ANALISIS KARAKTERISTIK KOMPONEN ELEKTRONIKA SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 WONOSARI Oleh: Fatma Dewi NIM. 10501241033 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) efektivitas metode discovery learning dalam meningkatkan kompetensi belajar peserta didik; (2) perbedaan pencapaian kompetensi peserta didik yang menggunakan metode discovery learning dan yang menggunakan pembelajaran konvensional pada kompetensi dasar analisis karakteristik komponen elektronika Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 2 Wonosari berjumlah 64 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment. Desain penelitian yang digunakan adalah non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) metode discovery learning lebih efektif untuk meningkatkan kompetensi peserta didik. Hasil pretest dan posttest pada kelas kontrol terdapat peningkatan sebesar 16,13% sedangkan pada kelas eksperimen terdapat peningkatan sebesar 26,69%. Uji N-Gain juga menunjukkan bahwa kelas eksperimen pada kategori sedang dan kelas kontrol pada kategori rendah; (2) terdapat perbedaan yang signifikan pencapaian kompetensi belajar antara yang menggunakan metode discovery learning dengan pembelajaran konvensional. Hasil uji Independent-Samples t-Test aspek kognitif diperoleh nilai thitung = 5,96, p = 0,00, aspek afektif dengan nilai thitung = 2,33, p = 0,02, dan aspek psikomotorik dengan nilai thitung = 2,90, p = 0,01. Kata kunci: analisis karakteristik komponen elektronika, discovery learning, kompetensi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 24 Jun 2015 02:38
Last Modified: 29 Jan 2019 23:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21338

Actions (login required)

View Item View Item