REDESIGN INTERIOR LOBBY, RUANG TATA SURYA, DAN FOOD COURT TAMAN PINTAR BERGAYA FUTURISTIK DALAM MAKSIMALISASI MISI LEMBAGA

Arifin, Jafar Yazid (2013) REDESIGN INTERIOR LOBBY, RUANG TATA SURYA, DAN FOOD COURT TAMAN PINTAR BERGAYA FUTURISTIK DALAM MAKSIMALISASI MISI LEMBAGA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Jafar Yazid Arifin 05206241033.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Konsep perancangan ulang interior Taman Pintar Yogyakarta mempunyai tujuan untuk mendukung misi yaitu sebagai wahana ekspresi, apresiasi dan kreasi sains dalam suasana yang menyenangkan. Dari jabaran misi tersebut lahir sebuah gagasan untuk lebih menginovasi ruang dalam gedung melalui redesain interior. Dalam perancangan ulang interior ini dilakukan dengan cara observasi untuk memperoleh data berupa bentuk ruang, ukuran dan fasilitas dalam gedung. Data digunakan sebagai analisis semua kebutuhan dalam perancangan, merancang alternatif desain yang akan dipilih, desain yang terpilih dari beberapa alternatif yang dibuat sesuai dengan konsep. Software yang digunakan dalam perancangan ulang interior Taman Pintar Yogyakarta antara lain Auto Cad 2008 untuk membuat gambar kerja 2 dimensi, 3D Max 2011 untuk modeling dan rendering 3 dimensi, Photoshop Cs3 untuk finishing, dan Corel Draw 14 untuk plotting. Hasil perancangan ulang Taman Pintar Yogyakarta meliputi (1) Gedung oval, merancang ruang lobby sebagai ruang publik depan yang dilengkapi desain meja, papan informasi dan perabot penunjang yang lain, merancang ruang tata surya yang dilengkapi dengan desain perabot, desain plafond, desain lantai serta penempatan benda dalam gedung sesuai zoning yang ditentukan; (2) Gedung kotak, merancang ruang food court atau restoran dengan desain meja, kursi, desain servis makanan dan stand untuk patner kerja kuliner di Taman Pintar. Target pengunjung Taman Pintar Yogyakarta adalah anak-anak usia sekolah, untuk itu konsep perancangan interior Taman Pintar Yogyakarta mengangkat gaya futuristik agar dapat menciptakan imajinasi kreasi bagi anak serta menyesuaikan dengan banyaknya teknologi yang dipamerkan di dalamnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perancangan, futuristik, interior
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 24 Jun 2015 02:25
Last Modified: 29 Jan 2019 23:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21330

Actions (login required)

View Item View Item