IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA BERPIKIR KRITIS DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI PELAYANAN PRIMA DI SMK NEGERI 6 PURWOREJO

Siti, Istiqomah (2015) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA BERPIKIR KRITIS DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI PELAYANAN PRIMA DI SMK NEGERI 6 PURWOREJO. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Siti Istiqomah 06513241025.pdf

Download (91MB) | Preview

Abstract

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA BERPIKIR KRITIS DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI PELAYANAN PRIMA DI SMK NEGERI 6 PURWOREJO Oleh Siti Istiqomah NIM. 06513241025 Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Implementasi model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan siswa berpikir kritis di SMK Negeri 6 Purworejo; 2) Pencapaian kompetensi pelayanan prima dengan implementasi model pembelajaran berbasis masalah di SMK Negeri 6 Purworejo. Jenis penilitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc. Taggart yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 32 siswa dari kelas X BB1 SMK Negeri 6 Purworejo. Teknik pengambilan data melalui lembar observasi pelaksanaan pembelajaran berbasis masalah, lembar observasi kemampuan siswa berpikir kritis, catatan lapangan dan tes pilihan ganda disertai alasan. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan siswa berpikir kritis. Peningkatan kemampuan siswa bepikir kritis pada siklus I mencapai 61% dengan kategori tinggi. Pada siklus II meningkat sebesar 29,25% sehingga menjadi 90,25% dengan kategori sangat tinggi; 2) Pencapaian kompetensi pelayanan prima pada siklus I dengan kategori tuntas sebanyak 22 siswa (68,75%). Pada siklus II meningkat 31,25% sehingga 32 siswa (100%) termasuk pada kategori tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan siswa berpikir kritis dan kompetensi pelayanan prima dengan rata-rata persentase lebih dari 85% siswa telah mencapai kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan. Kata Kunci: model pembelajaran berbasis masalah, kemampuan siswa berpikir kritis, kompetensi pelayanan prima

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 24 Jun 2015 02:25
Last Modified: 29 Jan 2019 23:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21329

Actions (login required)

View Item View Item