PERANCANGAN BOOTH SEBAGAI MEDIA PENGEMBANGAN PROMOSI RUMAH MAKAN AYAM PANGGANG ESS PASS PALBAPANG BANTUL YOGYAKARTA

Rachman, Ismail Nur (2013) PERANCANGAN BOOTH SEBAGAI MEDIA PENGEMBANGAN PROMOSI RUMAH MAKAN AYAM PANGGANG ESS PASS PALBAPANG BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ismail Nur Rachman 08206241039.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Perancangan media pengembangan promosi Rumah Makan Ayam Panggang Ess Pas bertujuan untuk membuat desain media promosi yang efektif, efisien, kreatif dan komunikatif sebagai sarana informasi dan daya tarik mengenai brand Rumah Makan Ess Pass, sehingga mampu melekat di masyarakat. Manfaat perancangan ini untuk memberi informasi kepada masyarakat luas, di Bantul pada khususnya dan Yogyakarta. Proses perancangan melalui tahapan pengumpulan data, baik data verbal maupun visual dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, data dianalisis dengan menggunakan teknik SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, and Threats). Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi selanjutnya data diolah menjadi konsep perancangan media promosi sehingga membentuk kesatuan dalam desain dan kesimpulan dalam proses pembuatan media promosi. Tahapan penciptaan media promosi dengan proses membuat layout kasar, layout komprehensif dan layout lengkap. Instrumen yang digunakan dalam pembuatan karya diantaranya berupa perangkat manual misalnya pensil, sket book, drawing pen, dan perangkat komputer, digital camera, scanner. Hasil dari perancangan media promosi berupa media utama (prime media) dan media pendukung (supporting media). Media utama yang digunakan yaitu booth, ukurannya yang relatif besar, frekuensi keberadaannya tinggi, menarik dan bisa langsung dilihat oleh audience. Sedangkan media pendukung, antara lain neon-box, nota, iklan display, packaging, kartu nama, nomer meja, papan nama, seragam, roll banner, hanging display dan mobile branding. Sebagai sistem identitas yang membedakan Rumah Makan Ayam Panggang Ess Pass dengan rumah makan lain digunakan logo, desain dan ilustrasi. Ilustrasi berupa figur yang dideformasi dari ayam kampung dengan gaya kartun, yaitu maskot. Pendekatan kartun digunakan dalam perancangan media promosi ini karena dapat lebih menarik perhatian masyarakat Bantul pada khususnya dan Yogyakarta pada umumnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: perancangan booth, promosi
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 24 Jun 2015 02:22
Last Modified: 29 Jan 2019 23:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21328

Actions (login required)

View Item View Item