PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA DENGAN MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT PADA MATA PELAJARAN MEMILIH BAHAN BAKU BUSANA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH IMOGIRI

Siti, Barokatun Naimiyah (2015) PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA DENGAN MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT PADA MATA PELAJARAN MEMILIH BAHAN BAKU BUSANA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH IMOGIRI. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Siti Barokatun Naimiyah 09513241015.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA DENGAN MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT PADA MATA PELAJARAN MEMILIH BAHAN BAKU BUSANA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH IMOGIRI Oleh: Siti Barokatun Naimiyah NIM 09513241015 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran memilih bahan baku busana kelas X SMK Muhammadiyah Imogiri melalui penerapan memilih bahan baku busana; (2) mengetahui seberapa besar peningkatan pemahaman siswa dengan menerapkan metode pembelajaran cooperative script pada mata pelajaran memilih bahan baku busana kelas X SMK Muhammadiyah Imogiri. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model spiral Kemmis dan Mc.Taggart dengan siklus yang meliputi tahap perencanaan, tindakan & pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Imogiri dengan subjek penelitian kelas X Busana Butik yang berjumlah 13 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Uji validitas berdasarkan kepada keputusan pakar (judgement expert) dan uji reliabilitas menggunakan antar-rater yaitu dengan procentage of agreement. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan metode pembelajaran cooperative script ini efektif mampu meningkatkan pemahaman siswa dengan dibuktikan adanya peningkatan secara signifikan antara pra siklus, siklus I dan siklus II yaitu pada pra siklus, 12 siswa (92,7%) belum tuntas dan 1 siswa (7,7%) tuntas, meningkat pada siklus I, yaitu 4 siswa (30,8%) belum tuntas dan 9 siswa (69,3%) tuntas, dan meningkat kembali pada siklus II, yaitu 13 siswa (100%) tuntas memenuhi KKM; (2) peningkatan pemahaman ditinjau dari nilai rata-rata yaitu nilai rata-rata pra siklus 54,0769 meningkat pada siklus I menjadi 75,0769 (terjadi kenaikan 21%) sedangkan nilai rata-rata siklus I 75,0769 meningkat pada siklus II menjadi 83,0769 (terjadi kenaikan 8%). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas X SMK Muhammadiyah Imogiri. Hal ini berarti hipotesis tindakan yaitu penerapan metode pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas X SMK Muhammadiyah Imogiri terbukti. Kata kunci :pemahaman, memilih bahan baku busana, metode pembelajaran cooperative script, siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 24 Jun 2015 02:13
Last Modified: 29 Jan 2019 23:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21324

Actions (login required)

View Item View Item