HUBUNGAN PERILAKU BELAJAR DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KKPI TERHADAP PRESTASI BELAJAR KKPI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN DESAIN KOMUNIKASI DAN VIASUAL (DKV) SMKN 5 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Silfi, Hinggil Dewi (2015) HUBUNGAN PERILAKU BELAJAR DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KKPI TERHADAP PRESTASI BELAJAR KKPI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN DESAIN KOMUNIKASI DAN VIASUAL (DKV) SMKN 5 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Silfi Hinggil Dewi 07520244079.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK HUBUNGAN PERILAKU BELAJAR DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KKPI TERHADAP PRESTASI BELAJAR KKPI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN DESAIN KOMUNIKASI DAN VIASUAL (DKV) SMKN 5 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 Oleh : Silfi Hinggil Dewi 07520244079 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perilaku belajar siswa dan kompetensi pedagogik guru KKPI secara baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap prestasi belajar KKPI siswa kelas X program studi keahlian l (DKV) SMKN 5 Yogyakarta TA 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post Facto yang bersifat deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X prodi keahlian DKV SMKN 5 Yogyakarta TA 2010/2011 yang berjumlah 60 siswa. Metode pengambilan data untuk variabel perilaku belajar dan kompetensi pedagogik guru KKPI menggunakan kuesioner model angket tertutup dengan skala likert, sedangkan untuk variabel Prestasi Belajar KKPI menggunakan metode dokumentasi berupa nilai raport mata pelajaran KKPI dari semester satu. Validitas instrumen penelitian diuji dengan analisis butir yang dihitung dengan rumus korelasi Product moment. Reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu diadakan analisis deskriptif dan pengujian persyaratan analisis yang meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas Teknik analisis data untuk menguji hipotesis 1 dan 2 adalah korelasi Product moment, sedangkan hipotesis 3 dengan teknik analisis regresi ganda dua prediktor. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) Terdapat hubungan positif antara perilaku belajar terhadap prestasi belajar KKPI yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,480. dengan nilai interpretasi korelasi sedang (2) Terdapat hubungan positif antara kompetensi pedagogik guru KKPI terhadap prestasi belajar KKPI yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.364. dengan nilai interpretasi korelasi rendah (3) Terdapat positif hubungan perilaku belajar dan kompetensi pedagogik guru KKPI secara bersama-sama dengan prestasi belajar KKPI yang ditunjukkan dengan yang ditunjukkan koefisien regresi ganda Ry(1,2) sebesar 0,555 dengan nilai interpretasi korelasi sedang dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0.308 yang berarti bahwa 30.8 % perubahan variabel Prestasi BelajarKKPI (Y) dapat diterangkan oleh Perilaku Belajar (X1), Kompetensi Pedagogik guru KKPI (X2). Kata Kunci : Hubungan, Prestasi Belajar, Kompetensi Pedagogik, Perilaku Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 24 Jun 2015 01:59
Last Modified: 29 Jan 2019 23:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21309

Actions (login required)

View Item View Item