PENDEKATAN KRITIK SENI TERHADAP ILUSTRASI BERTEMA PENDIDIKAN KARYA JOKO SANTOSO

Hanjaru, Danang (2013) PENDEKATAN KRITIK SENI TERHADAP ILUSTRASI BERTEMA PENDIDIKAN KARYA JOKO SANTOSO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Danang Hanjaru 08206244008.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk, makna dan juga pengorganisasian unsur rupa yang terkandung pada karya ilustrasi bertema pendidikan karya Joko Santoso. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Objek penelitian ini adalah ilustrasi karya Joko Santoso yang ada pada rubrik opini Surat Kabar Harian Kedaulatan Rakyat terbitan April 2012. Penelitian difokuskan pada pendekatan kritik seni pada karya ilustrasi bertema pendidikan. Data diperoleh melalui obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui analisis deskriptif kualitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas (triangulasi dan ketekunan pengamatan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ilustrasi bertema pendidikan karya Joko Santoso pada terbitan April 2012 cenderung bentuk kartun yang menjadi objek ilustrasinya, walaupun objek terkesan monoton. Pesan non verbal yang ada di ilustrasi bertema pendidikan karya joko Santoso ikut menguatkan dan mewakili isi dari artikel pada rubik opini. Penggambaran yang sederhana membuat ilustrasi bertema pendidikan mudah dipahami dalam penyampaian makna (2) Unsur rupa yang ada dalam ilustrasi bertema pendidikan menjadikan kesatuan unsur rupa yang menjadikan ilustrasi menarik untuk dilihat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kritik seni, ilustrasi, unsur rupa
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 24 Jun 2015 01:56
Last Modified: 29 Jan 2019 23:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21308

Actions (login required)

View Item View Item