IMPLEMENTASI STANDAR PROSES KURIKULUM 2013 DI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK N 1 SEDAYU

SHOLEH, INDRAWAN (2015) IMPLEMENTASI STANDAR PROSES KURIKULUM 2013 DI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK N 1 SEDAYU. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SHOLEH INDRAWAN 10504241024.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

IMPLEMENTASI STANDAR PROSES KURIKULUM 2013 DI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK N 1 SEDAYU SHOLEH INDRAWAN NIM. 10504241024 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi standar proses kurikulum 2013 di Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK N 1 Sedayu yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran dan pelaksanaan penilaian hasil pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subyek penelitian adalah guru produktif Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK N 1 Sedayu yang berjumlah 10 (sepuluh) orang dan siswa kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK N 1 Sedayu yang berjumlah 96 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji validitas instrumen dilakukan melalui penilaian para ahli (Expert Judgement) dan analisis butir instrumen menggunakan korelasi Product Moment dari Karl Pearson. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran yang dilakukan guru termasuk dalam kategori sangat baik (rerata pencapaian skor: 74,4). Hasil tersebut menunjukkan perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru sesuai dengan kurikulum 2013. (2) Pelaksanaan proses pembelajaran menurut guru termasuk kedalam kategori sangat baik (rerata pencapaian skor: 200,2), sedangkan menurut siswa termasuk kedalam kategori sangat baik (rerata pencapaian skor: 125,77), sementara menurut hasil observasi termasuk kedalam kategori baik (rerata pencapaian skor: 142). Hasil penelitian tersebut menunjukkan pelaksanaan proses pembelajaran telah sesuai dengan kurikulum 2013. (3) Pelaksanaan penilaian hasil pembelajaran termasuk kedalam kategori sangat baik (rerata pencapaian skor: 90,5). Hasil tersebut menunjukkan pelaksanaan penilaian hasil pembelajaran yang dilakukan oleh guru sesuai dengan kurikulum 2013 Kata kunci: Standar Proses, Kurikulum 2013, Jurusan Teknik Kendaraan Ringan, SMK N 1 Sedayu.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 24 Jun 2015 01:45
Last Modified: 29 Jan 2019 23:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21300

Actions (login required)

View Item View Item