EFEKTIVITAS E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN TIK KELAS XI DI SMA NEGERI 1 DEPOK

Shinta, Kurnia Dewi (2015) EFEKTIVITAS E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN TIK KELAS XI DI SMA NEGERI 1 DEPOK. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Shinta Kurnia Dewi 07520241026.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

EFEKTIVITAS E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN TIK KELAS XI DI SMA NEGERI 1 DEPOK Oleh: Shinta Kurnia Dewi 07520241026 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui prestasi mata pelajaran TIK di SMA Negeri 1 Depok yang diajarkan tanpa E-learning dengan yang diajarkan menggunakan E-learning, (2) Mengetahui efektivitas E-learning terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran TIK di SMA Negeri 1 Depok. Penelitian ini dilakukan pada kelas XI di SMA Negeri 1 Depok yaitu kelas XI IPA 1 (Kelompok E-learning) dan XI IPA 2 (Kelompok Bukan E-learning) dengan dengan jumlah siswa 30 orang diberikan perlakuan berupa pembelajaran menggunakan E-learning sebagai media pembelajaran, sedangkan pada kelompok kontrol dengan jumlah siswa 30 orang diberikan perlakuan berupa pembelajaran tanpa menggunakan E-learning sebagai media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Desain quasi yang dipilih adalah nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Uji validasi dan uji reliabilitas berdasarkan penilaian para ahli (Judgment Expert). Teknik analisis data menggunakan rumus statistik non parametris. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan prestasi mata pelajaran TIK di SMA Negeri 1 Depok yang diajarkan tanpa E-learning dengan yang diajarkan menggunakan E-learning. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji Kolmogorov-Smirnov Z = 2.066 dan p (Asymp. Sig.) < 0,05 ; (2) E-learning efektif dapat meningkatkan prestasi siswa pada mata pelajaran TIK di SMA Negeri 1 Depok karena rata-rata peningatan nilai mata pelajaran ini yang diajarkan dengan E-learning lebih tinggi (7,5) dibanding dengan rata-rata peningatan nilai yang diajar bukan dengan E-learning (4,417). Kata kunci: E-learning, efektivitas, prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 24 Jun 2015 01:41
Last Modified: 29 Jan 2019 23:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21296

Actions (login required)

View Item View Item