PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN NIRMANA DENGAN MODUL DI SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA

Wulandari, Aprilia Retno (2013) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN NIRMANA DENGAN MODUL DI SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Aprilia Retno Wulandari 08206241019.pdf

Download (149MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model modul grafis untuk pembelajaran Nirmana untuk siswa SMK Negeri 5 Yogyakarta kelas X semester I. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik kuantitatif. Pembuatan modul melalui beberapa tahap, antara lain: 1) Persiapan, yaitu melakukan observasi; 2) Perancangan, meliputi menentukan tujuan dan mengumpulkan bahan, gambar, foto serta materi; 3) Penyusunan, meliputi pemilihan format dan desain awal modul; dan 4) Penilaian, meliputi penilaian produk awal modul, kelayakan modul atas aspek isi, desain dan kreativitas isi modul oleh ahli materi, ahli media dan guru bidang studi, melakukan revisi dan hasil akhir. Variabel dalam penelitian ini adalah modul pembelajaran dan mata pelajaran nirmana. Penelitian ini adalah penelitian sampel, dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 5 Yogyakarta yang berjumlah 10 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah editing, koding dan tabulasi. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan tabel frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembuatan modul grafis menggunakan desain dan tata tulis gaya majalah serta warna modul disesuaikan pada tingkat pertumbuhan peserta didik agar menarik minat belajar selama mempelajari modul. Warna background pada masing-masing bab memiliki identitas yang digunakan untuk membedakan warna sehingga menjadikan proses belajar yang menyenangkan serta mempertahankan konsentrasi dalam jangka waktu yang lama. Penampilan materi dikemas menggunakan lipatan tunggal, lipatan akordeon, flip up dan pop up. Berdasarkan penilaian tingkat kelayakan modul grafis menunjukkan; a) aspek isi modul sebesar 85,2 persen, b) aspek desain modul sebesar 90,4 persen dan c) aspek kreativitas isi modul sebesar 81 persen. Secara keseluruhan tingkat kelayakan modul grafis pengembanga kreativitas sebesar 83,95 persen. Tingkat kreativitas menggunakan modul grafis sebesar 83 persen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Modul pembelajaran, Mata pelajaran Nirmana
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 24 Jun 2015 01:35
Last Modified: 29 Jan 2019 23:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21294

Actions (login required)

View Item View Item