MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SAINS MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI (SPI) TERBIMBING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 TLOGODEPOK KEBUMEN

Makhali, - (2015) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SAINS MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI (SPI) TERBIMBING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 TLOGODEPOK KEBUMEN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
skipsi Makhali 11108247004.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan minat belajar sains menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI) terbimbing pada siswa kelas V SD Negeri 1 Tlogodepok Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang terdiri atas 2 siklus. Siklus I dengan sub materi pengungkit (tuas), sedangkan pada siklus II dengan sub materi bidang miring, katrol, dan roda berporos. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Tlogodepok Kebumen, sebanyak 14 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi dan angket minat belajar sains. Data yang diambil adalah skor minat dan aktivitas siswa dianalisis menggunakan teknik deskriptif persentase secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian minat belajar sains siswa kelas V SD Negeri 1 Tlogodepok Kebumen terjadi peningkatan sebesar 42,2%, dimana pada siklus I minat belajar sains siswa sebesar 48,2% dan pada siklus II minat belajar sains siswa menjadi sebesar 90,4%. Minat belajar sains meningkat karena siswa terlibat langsung dalam proses penerimaan konsep belajar; siswa praktik sesuai dengan kemampuan logika dan nalar yang dimilikinya; dan siswa mendapatkan daya ingat yang lebih tinggi. Kata kunci: startegi pembelajaran Inkuiri (SPI) terbimbing, minat belajar sains

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 25 Jun 2015 03:45
Last Modified: 07 Sep 2015 03:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21287

Actions (login required)

View Item View Item